Senin, 21 Februari 2011 14:50 WIB News Share :

Tahun 2010, Komnas HAM terima 5.637 pengaduan

Jakarta (Esops) – Selama tahun 2010, Komnas HAM menerima 5.637 berkas pengaduan dari masyarakat. Dari data tersebut, pengaduan terbesar merupakan pengaduan hak untuk memperoleh keadilan.

Hal itu disampaikan Ketua Komnas HAM Ifdal Khasim dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (21/2). Dari data pengaduan itu, terdapat 166 pengaduan hak hidup, tiga pengaduan hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan, 67 pengaduan hak mengembangkan diri, 2.182 pengaduan hak mendapat keadilan dan 151 pengaduan hak kebebasan pribadi.

Selain itu, ada 804 pengaduan hak atas rasa aman, 2.030 pengaduan hak atas kesejahteraan, 52 pengaduan hak turut serta dalam pemerintahan, 115 pengaduan hak wanita dan terakhir 67 pengaduan hak anak.

“Berkenaan dengan hak atas rasa keadilan, peristiwa yang menjadi perhatian masyarakat nasional dan internasional adalah peristiwa tindak kekerasan di Puncak Jaya yang beredar di Youtube. Peristiwa tersebut telah diputus pengadilan militer Jayapura, namun rasa keadilan bagi para korban belum terpenuhi,” kata Ketua Komnas HAM, Ifdhal Kasim.

dtc/try

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…