Senin, 21 Februari 2011 14:27 WIB Kesehatan Share :

Cara jitu meningkatkan imunitas tubuh

Jakarta (Espos) – Ingin tubuh lebih kuat, tahan dan ampuh tangkal segala macam penyakit? Selain olahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi, ayo lakukan kebiasaan sehat yang dipercaya mampu membuat tubuh makin kuat dan tahan ‘gempuran’ kuman penyakit.

Nah, berikut cara jitu, untuk mendongkrak imunitas tubuh:

Rutin pijat sehat

Mendapatkan pijatan yang enak di sekujur tubuh, tentu sangat menyenangkan. Tubuh yang nyaman, relaks, perasaan tenang dan bahagia tentu akan meningkatkan energi positif ke seluruh tubuh.

Banyak penelitian memaparkan efek pijatan bisa mengurangi rasa pegal ditubuh, menormalkan tekanan darah dan detak jantung.

Tiffany Field, PhD pemimpin do Touch Research Institute of the University of Miami School of Medecine AS menjelaskan, releksasi pijat mampu menurunkan kadar stres di tubuh seseorang. “Kondisi ini menyebankan sel imunitas Anda meningkat,” katanya.

Mandi air dingin

Punya kebiasaan mandi di bawah pancuran atau shower berair hangat? Mulai sekarang jangan terlalu sering dan segera beralih menggunakan air biasa atau dingin.

Menurut Mary Ann Baumnab, penulis buku Flight Fatigue Six Simple Steps to Maximize your Energy, mandi di bawah siraman air dingin, justru bisa meringankan migrain, linu dan sirkulasi pada tubuh. “Energy anda akan terangkat sehingga membuat tubuh menjadi tambah segar,” jelas Mery.

Tidur lebih awal

Dalam satu hari, mekanisme tubuh memerlukan waktu beristirahat atau tidur selama delapan jam. Penelitian dari Columbia University Medical Center AS membuktikan bahwa tidur lebih awal mampu meningkatkan daya kerja tubuh untuk menekan depresi. Memiliki waktu tidur yang cukup juga membantu perlindungan tubuh terhadap risiko serangan penyakit.

Rajin cuci tangan

Satu lusin dalam sehari! Benar, usahakan Anda selalu mencuci tangan paling sedikit 12 kali dalam sehari selama 20 detik atau lebih.

Neil Schachter MD dari Mt. Sinai Medical Center New York, AS, mengungkapkan bahwa cuci tangan merupakan langkah pertama pencegahan serangan bakteri dan virus. “Flu, diare, hingga bakteri yang berbahaya seperti E.Coli dan Salmonella bisa dicegah dengan hanya mencuci tangan.

Penyuka makanan kukus

Penelitian dari America Institute for Cancer Researrch menemukan fakta bahwa memasak dengan cara mengukus (rebus) mampu meningkatkan nutrisi yang ada dalam berbagai bahan makanan. Usahakan tidak mengukus dengan api terlalu besar.

Kukus hingga masakan matang dan hangat, tanpa harus menunggu air rebusan mendidih. Beri sedikit sentuhan buh-buahan seperti perasan jeruk, atau sayuran dalam makanan kukus tersebut. Upaya ini membuat rasa makanan makin variatif dan kaya gizi.

Inilah.com/try

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…