Entertainment
Minggu, 20 Februari 2011 - 23:37 WIB

Kisah penguasa semena-mena

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pangeran Wiramenggala tak mengetahui tentang apapun ketika ia tiba-tiba diasingkan ke sebuah tempat bernama Kajoran. Sang pangeran ini sama sekali tidak tahu kesalahan apa yang ia perbuat sehingga menyebabkan ia diusir dari istana.

Sementara itu, pangeran Purbaya, kakak Wiramenggala dengan begitu mudah melimpahkan kesalahan yang ia perbuat terhadap Sultan Amangkurat II pada adiknya sendiri, Wiramenggala. Usut punya usut Purbaya pernah diutus meminangkan Puteri Suroboyo untuk Sultan Amangkurat II. Titah itu ternyata salah, ia justru meminang sang putri untuk anak sang sultan, Pangeran Timur.

Advertisement

Penggalan kisah berjudul Pangeran Kajoran dimainkan oleh Ketoprak Seniman Remaja Sriwedari (Senjasri) pada hari ketiga gelaran Festival Ketoprak Solo II. Mereka tampil memukau penonton yang memadati Gedung Kesenian Taman Balekambang, Minggu (20/2) malam.

Kisah kemudian berlanjut dengan perginya Wiramenggala pergi menghadap Sultan untuk mempertanyakan kesalahannya. Sang Sultan yang telah mengetahui kesalahpahaman yang dibuat oleh Pangeran Purbaya justru marah pada Wiramenggala. Segala macam cara dilakukan untuk menghabisi nyawa sang pangeran.

Rencana pembunuhan terhadap Wiramenggala dengan menggunakan meriam pun gagal. Sultan lalu menyuruh Purbaya untuk menghabisi nyawa adiknya. Akhir cerita Wiramenggala mati di tangan sang kakak, Purbaya.

Advertisement

“Pangeran Kajoran memberitahu kami jika menjadi pemimpin janganlah semena-mena. Seorang pemimpin haruslah bijak menggunakan kekuasaannya,” tutur sang Sutradara, Diwasa kepada Espos sebelum pentas.

Pimpinan Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari ini menambahkan Pangeran Kajoran diadaptasi dari kisah kerajaan Mataram yang tersembunyi.

Selain menampilkan Ketoprak Senjasri, pada hari ketiga Festival Ketoprak Solo II ini juga tampil Ketoprak Lelono Langen Budoyo dari Kelurahan Baluwarti Kecamatan Pasar Kliwon yang mengusung lakon Darpo Kayun.

Advertisement

m90

Advertisement
Kata Kunci : Balekambang Ketoprak
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif