Sabtu, 19 Februari 2011 14:22 WIB Internasional Share :

AS diam-diam lakukan pembicaraan dengan Taliban

Washington (Espos) – Pemerintahan Barack Obama diam-diam telah melakukan pembicaraan langsung dengan pejabat-pejabat senior Taliban di Afghanistan. Pembicaraan rahasia itu dikategorikan sebagai upaya pemerintah AS untuk meneliti siapa tokoh-tokoh dalam kepemimpinan Taliban, jika ada, yang mungkin bersedia terlibat dalam negosiasi damai resmi di Afghan dan dengan syarat apa.

Demikian menurut beberapa sumber seperti dikutip majalah The New Yorker dan dilansir kantor berita AFP, Sabtu (19/2). Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatakan bahwa hanya solusi politik yang akan mengakhiri perang di Afghanistan.

“Kami tak akan pernah membunuh cukup banyak pemberontak guna menghentikan perang ini seketika,” kata Hillary dalam pidatonya di AS.

Istri mantan Presiden AS Bill Clinton itu berharap bisa memecah anggota Taliban dari Al Qaeda di Afghanistan. Dikatakan Hillary, peningkatan pasukan internasional di Afghanistan satu tahun terakhir adalah strategi memecah Taliban dari Al Qaeda dan mendamaikan mereka yang menolak kekerasan dan menerima konstitusi Afghan.

Presiden AS Barack Obama akhir bulan lalu telah menegaskan kembali janjinya segera memulai penarikan pasukan AS dari Afghanistan. Obama menegaskan pasukan AS akan mulai ditarik pulang Juli 2012 mendatang.

Hal itu disampaikan Obama dalam pidato kenegaraan tahunannya di gedung Capitol Hill, Washington DC, 26 Januari. Dalam pidato di depan anggota Kongres itu, Obama mengingatkan pertempuran-pertempuran yang sulit di Afghanistan. “Berkat pasukan heroik dan warga sipil kita, kini lebih sedikit warga Afghan di bawah kendali pemberontak. Akan ada pertempuran sulit ke depannya, dan pemerintah Afghan perlu menunjukkan kepemimpinan yang lebih baik,” ujar Obama di pidatonya.

dtc/try

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…