Jumat, 18 Februari 2011 14:14 WIB Sukoharjo Share :

Pembangunan 2 kantor kecamatan telan Rp 2 miliar

Sukoharjo (Espos) — Renovasi dan pembangunan Kantor Kecamatan Bendosari dan Kecamatan Kartasura menelan APBD 2011 senilai Rp 2 miliar.

Camat Bendosari, Edy Soeryanto mengungkapkan, tahap perencanaan renovasi dan pembangunan Kantor Kecamatan Bendosari sudah mulai dilaksanakan. Perencanaan desain untuk kantor tersebut diperkirakan selesai pada Maret atau April mendatang. Sementara itu, pelaksanaan pembangunan dan renovasi akan dilakukan Juni nanti.

“Anggarannya untuk masing-masing kecamatan Rp 1 miliar. Rencananya, untuk Bendosari, dana itu akan dipakai untuk membangun kantor sekretariat dan renovasi pendapa serta rumah dinas,” jelas dia saat dijumpai <I>Espos</I> di Kantor Kecamatan Bendosari, Kamis (17/2).

Dia melanjutkan, perencanaan dan pengawasan pembangunan oleh konsultan dilakukan melalui penunjukan. Sementara itu, pelaksanaan pembangunannya akan dilakukan melalui lelang terbuka. Dalam pembangunan ini, Kecamatan Bendosari juga berkonsultasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

“Untuk pembangunan fisik dianggarkan Rp 929 juta, sedangkan sisanya dipakai untuk membiayai perencanaan serta pengawasan konsultan, serta administrasi,” ungkap Edy.

Selama proses pembangunannya nanti, imbuh Edy, pegawai Kecamatan Bendosari akan menyewa tempat untuk dipakai kantor sementara. Kecamatan telah menyiapkan dana sewa tersebut. Selama proses pembangunan tersebut diyakini tidak akan menganggu kelancaran kerja di Kantor Kecamatan Bendosari.

Sementara itu, Camat Kartasura, Bachtiar Yunan menjelaskan, jika perencanaan pembangunan Kantor Kecamatan Kartasura hampir selesai. Dalam pembangunan itu, Kecamatan Kartasura akan memasukkan bangunan yang memiliki ciri khas budaya lokal pada desain kantor baru itu.

“Seperti di Pasar Windujenar di Solo itukan memiliki ciri khas budaya yang kental. Nantinya, harapan kami kantor kecamatan di sini juga memiliki ciri khas budaya serta kearifan lokal,” pungkas dia.<B>hkt</B>

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…