Jumat, 18 Februari 2011 22:46 WIB Sragen Share :

Nomor urut baru ditetapkan, SMS gelap sudah beredar

Sragen (Espos) – Belum ada satu hari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen menetapkan dan mengumumkan nomor urut pasangan calon bupati (Cabup)-calon wakil bupati (Cawabup) sudah beredar short message service (SMS) yang diduga mengarah pada ajakan memilih calon tertentu. SMS tersebut ditemukan Panitia Pengawas (Panwas) pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sragen.

Ketua Panwas Pilkada, Danardi mengaku kesulitan mendeteksi siapa
pengirim pesan yang berbau kampanye hitam itu. Menurut dia, UU Pemilu sendiri juga tidak mengatur secara jelas tentang bentuk-bentuk
black campaign atau kampanye hitam itu seperti apa.

“Regulasinya memang tidak jelas. Kemudian pengirim SMS itu siapa juga
harus ada kajian lebih lanjut, karena berhubungan dengan Kementerian
Komunikasi dan Informasi. Bukan hanya hari ini saya menerima SMS itu, sejak KPU menetapkan Cabup-Cawabup kemarin kami sudah dapat SMS gelap. Saat dihubungi nomor pengirim SMS tidak bisa. Ya susah memang mendeteksinya,” ujar Danardi dihubungi Espos, Jumat (18/2).

Dia berharap semua Cabup-Cawabup bersikap fair, tak perlu kampanye hitam. Dia menerangkan dalam SMS itu tertulis ajakan memilih calon tertentu. “Kami akan selidiki pengirim SMS itu. Untuk memecahkan ini, kami tak mau tergesa-gesa, karena potensi konflik besar pula,” ujarnya.

Terpisah, Danardi mengaku telah mengingatkan salah satu Cabup yang
masih menggunakan atribut pegawai negeri sipil (PNS) saat mendatangi
rapat terbuka penetapan nomor urut calon. Cabup yang dimaksud Danardi, tidak lain Wiyono, yakni Cabup pasangan Wiyono-Dariyanto (Noto). “Kami belum menindaknya, tapi hanya mengingatkan saja agar lain kali tidak lagi menggunakan atribut PNS, yakni berupa pin nama terang yang biasa digunakan pejabat PNS,” ujar Danardi.

trh

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…