Jumat, 18 Februari 2011 - 16:15 WIB

Kecamatan Tawangmangu terapkan program Simade

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tawangmangu (Espos) – Sebanyak 10 desa yang tersebar di Kecamatan Tawangmangu per 1 Maret mendatang sudah mulai menerapkan program Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa (Simade). Simade adalah program aplikasi komputer yang berkenaan dengan data kependudukan dan berbasis di pedesaan.

Program SIMADE antara lain melayani 24 layanan surat-menyurat dan 21 jenis laporan. Layanan itu diklaim bisa melayani data kependudukan dengan cepat dan terintegrasi dengan data kependudukan. Selain itu, data kependudukan juga bisa terpelihara dan disimpan lebih lama, sehingga bisa melihat data yang ada secara berkesinambungan.

Advertisement

Simade juga bisa melayani pencarian identitas seseorang, dengan berbagai kategori secara cepat. Di antaranya menggunakan nama, alamat, pendidikan, serta status perkawinan. Camat Tawangmangu, Yopi Eko Jatiwibowo, mengatakan Simade akan diterapkan di 10 desa dan kelurahan di Tawangmangu. Pihaknya mengklaim, dengan Simade data kependudukan terjamin valid. Selain itu, program tersebut juga diklaim lebih cepat daripada layanan kependudukan secara manual.

“Kalau ada warga yang memerlukan surat pengantar atau keterangan menikah, hanya butuh waktu dua menit saja sudah jadi. Kalau secara manual bisa mencapai 45 menit,” kata Yopi kepada wartawan saat pelucuran program Simade di Kelurahan Sepanjang, Jumat (18/2) siang.

fas

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif