Soloraya
Jumat, 18 Februari 2011 - 14:52 WIB

Dukungan pertahankan panggung di alun-alun mengalir

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos) – Dukungan atas keberadaan panggung seni budaya di Alun-alun Giri Krida Bakti di depan Rumah Dinas Bupati Wonogiri terus mengalir. Menyusul Persatuan Masyarakat Budaya Nasional Indonesia (Permadani), Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) Dangdut Wonogiri juga meminta panggung itu dipertahankan.

Alasannya, para pekerja seni di Wonogiri selama ini sangat kekurangan tempat untuk unjuk karya. Kalau harus menyewa tenda biayanya terlalu mahal. Selain itu, mempertahankan panggung juga berarti menghargai jerih payah pemimpin terdahulu. Hal itu seperti disampaikan Ketua DPC PAMMI Dangdut Wonogiri, Mulyanto SKar, Jumat (18/2).

Advertisement

Mulyanto mengatakan sebagai orang Jawa mestinya masyarakat bisa mikul dhuwur mendhen jero, yang artinya menunjunjung tinggi jasa dan memendam dalam-dalam keburukan orang. “Di sini saya tidak hendak berkomentar soal regulasi. Tapi saya melihat manfaat dari keberadaan panggung itu bagi pengembangan seni dan budaya di Wonogiri. Bagaimana pun panggung itu adalah hasil jerih payah pendahulu yang patut dihargai sebagai tinggalan bagi anak cucu kelak,” kata Mulyanto.

Lebih jauh mengenai manfaat panggung, Mulyanto menjelaskan akan sangat membantu pengembangan kreasi seni dan budaya di Wonogiri. Selama ini, para pekerja seni sangat kekurangan sarana berekspresi dan unjuk kreasi. Maksimal hanya sebagai pengisi acara resepsi nikah atau acara-acara lain.

Dengan adanya panggung itu, kata Mulyanto, para pekerja seni bisa menggelar pementasan secara berkala dengan biaya yang murah. Dia mengungkapkan menyewa panggung untuk menyelenggarakan acara minimal membutuhkan Rp 1 juta-Rp 2 juta sekali pentas. “Sebagai pekerja seni kami berharap diajak urun rembuk, memberi masukan agar apapun hasil keputusan pemerintah atas keberadaan panggung nantinya bisa diterima semua pihak,” tandas Mulyanto.

Advertisement

shs

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif