Kamis, 17 Februari 2011 22:41 WIB Pendidikan Share :

Perlu, penelitian tindakan kelas

Solo (Espos)--Setiap guru perlu melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuannya agar proses belajar mengajar lebih optimal dan mampu menghasilkan output siswa berkualitas.

Hal itu disampaikan Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar SD dan Anak Usia Dini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Hasto Daryanto, saat ditemui wartawan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (17/2).

Ia mengungkapkan penelitian tindakan kelas adalah upaya guru untuk memperbaiki kinerjanya, agar apa yang disampaikan kepada siswa lebih mudah dipahami. Sebenarnya, kata Hasto, selama ini sudah banyak guru yang melakukan penelitian tindakan kelas, tapi tidak terdokumentasi dengan baik.

“Kalau terdokumentasi dengan baik, bisa menjadi salah satu dokumen mengajukan kenaikan pangkat dan golongan. Hal ini juga diperlukan untuk mengikuti lomba. Terbukti, ada beberapa guru Solo yang memenangkan lomba pengajaran tingkat nasional,” jelasnya.

Seharusnya, terang Hasto, ketika seorang guru mengajar mata pelajaran tertentu lalu menemui kendala, ia segera menyusun desain program, melakukan tindakan, melakukan refleksi atau introspeksi diri untuk menilai seperti apa hasil dari program yang ia lakukan. Jika ternyata ia belum berhasil melaksanakan suatu program dengan suatu cara, sebaiknya melakukan cara kedua. Jika cara kedua gagal, lakukan cara ketiga dan seterusnya sampai berhasil.

“Jadi tidak menutup kemungkinan suatu materi yang sama, disampaikan secara berbeda. Hal itu merupakan konsekuensi adanya penelitian tindakan kelas,” katanya.

ewt

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…