News
Kamis, 17 Februari 2011 - 22:41 WIB

Perlu, penelitian tindakan kelas

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Setiap guru perlu melakukan penelitian tindakan kelas. Tujuannya agar proses belajar mengajar lebih optimal dan mampu menghasilkan output siswa berkualitas.

Hal itu disampaikan Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar SD dan Anak Usia Dini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Hasto Daryanto, saat ditemui wartawan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (17/2).

Advertisement

Ia mengungkapkan penelitian tindakan kelas adalah upaya guru untuk memperbaiki kinerjanya, agar apa yang disampaikan kepada siswa lebih mudah dipahami. Sebenarnya, kata Hasto, selama ini sudah banyak guru yang melakukan penelitian tindakan kelas, tapi tidak terdokumentasi dengan baik.

“Kalau terdokumentasi dengan baik, bisa menjadi salah satu dokumen mengajukan kenaikan pangkat dan golongan. Hal ini juga diperlukan untuk mengikuti lomba. Terbukti, ada beberapa guru Solo yang memenangkan lomba pengajaran tingkat nasional,” jelasnya.

Seharusnya, terang Hasto, ketika seorang guru mengajar mata pelajaran tertentu lalu menemui kendala, ia segera menyusun desain program, melakukan tindakan, melakukan refleksi atau introspeksi diri untuk menilai seperti apa hasil dari program yang ia lakukan. Jika ternyata ia belum berhasil melaksanakan suatu program dengan suatu cara, sebaiknya melakukan cara kedua. Jika cara kedua gagal, lakukan cara ketiga dan seterusnya sampai berhasil.

Advertisement

“Jadi tidak menutup kemungkinan suatu materi yang sama, disampaikan secara berbeda. Hal itu merupakan konsekuensi adanya penelitian tindakan kelas,” katanya.

ewt

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kelas Tindakan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif