Kamis, 17 Februari 2011 16:22 WIB Klaten Share :

Penambangan pasir picu kekerasan pada anak

Klaten (Espos) – Maraknya penambangan pasir di Kali Woro, Kemalang, Klaten menjadi pemicu utama kekerasan pada anak-anak. Hal itu diduga karena masa bermain dan belajar mereka terbengkalai lantaran mereka dipekerjakan sebagai penambang pasir.

Demikian diungkapkan Kasat Bimbingan Masyarakat (Binmas) Polres Klaten, AKP Nanik Suryani mewakili Kapolres Klaten, AKBP Agus Djaka Santosa dalam acara sosialisasi pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Aula Kecamatan Delanggu, Klaten, Kamis (17/2).

Bentuk kekerasan yang menimpa anak-anak di Kecamatan Kemalang, kata Nanik, ialah tak terpenuhinya hak anak-anak untuk bermain dan belajar. Hal tersebut, menurutnya banyak yang tak disadari oleh para orangtua. Akibatnya, banyak anak-anak yang mengalami gangguan keterlambatan mental baik psikologis maupun fisik.

“Sebab, anak-anak banyak yang terkekang kebebasannya untuk bermain. Anak-anak belum saatnya bekerja, sudah diminta bekerja,” ujarnya di hadapan puluhan ibu-ibu PKK peserta kegiatan.

asa

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…