Kamis, 17 Februari 2011 06:04 WIB Sport Share :

Liga Champions
Arsenal taklukkan Barcelona 2-1

London (Espos)– Arsenal meraih kemenangan penting atas Barcelona di leg pertama 16 besar Liga Champions. Sempat tertinggal 0-1 lebih dahulu, The Gunners berhasil comeback dan menang 2-1.

Tim London Utara mengalahkan Barca 2-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Emirates Kamis (17/2/2011) dinihari WIB. Tim tamu unggul dahulu melalui David Villa di menit ke-26.

Anak asuh Arsene Wenger berhasil menciptakan dua gol di babak kedua dan membawa tuan rumah menang 2-1. Gol penyama dibukukan Robin van Persie di menit ke-78. Pemain pengganti Andrey Arshavin memastikan kemenangan tim Gudang Peluru berkat golnya menit ke-83.

Kemenangan ini menjadi modal positif bagi Arsenal untuk melakoni leg kedua di Camp Nou pada 8 Maret mendatang.

Dalam pertandingan itu Barcelona mengambil inisiatif lebih dahulu dalam melancarkan tekanan. Namun peluang matang pertama dibukukan oleh Arsenal. Menit ketiga tendangan bebas Samir Nasri mengarah ke gawang Barcelona. Kans tersebut bisa digagalkan kiper Victor Valdes.

Robin Van Persie! Menit kelima tuan rumah kembali menekan. Usai mengecoh lawan, Theo Walcott mengoper ke Cesc Fabregas, dan nama terakhir kemudian meneruskan bola ke Van Persie. Pemain Belanda itu melepas tendangan yang diblok Valdes.

Kesempatan emas bagi Barcelona datang di menit ke-15. Lionel Messi berhasil memenangi adu lari dengan para pemain Arsenal saat mengejar umpan terobosan dari David Villa. Memasuki kotak penalti, Messi melepaskan bola chip ke arah tiang jauh yang gagal dihentikan Wojiech Szczesny namun si kulit bundar masih melenceng dari sasaran.

Memasuki menit ke-22, Messi kembali memiliki peluang. Namun sepakannya terlalu lemah dan dengan mudah ditangkap Szczesny.

Jual beli serangan terus terjadi. Tiga menit kemudian, umpan terobosan Theo Walcott diterima Cesc Fabregas yang ada di sebelah kanan. Kapten Arsenal itu selanjutnya mengirim umpan silang mengarah ke Van Persie namun bola berhasil dihalau Eric Abidal.

Gol! Barcelona unggul 1-0 melalui sepakan David Villa di menit ke-26. Gol ini berawal dari umpan terobosan Messi yang sukses dikonversi Villa untuk merobek gawang Arsenal.

Tuan rumah hampir kembali kebobolan beberapa menit berselang. Umpan David Villa dari sebelah kanan menciptakan peluang bagi Pedro. Sepakan pemain muda Spanyol ini berhasil ditepis oleh Szczesny.

Laga memasuki setengah jam, kans Arsenal melalui Robin van Persie kandas. Tendangan striker Belanda itu menyamping.

Lionel Messi sempat menggetarkan gawang tim London Utara menit ke-37 usai menyambar bola pantul hasil sepakan Pedro yang ditepis Szczesny, namun dianulir akibat off-side. Kedua tim saling bertukar serangan. Hingga turun minum tak ada gol tambahan tercipta.

Ketinggalan satu gol membuat Arsenal langsung menekan di awal babak dua. Setelah bekerjasama dengan Fabregas, Wilshere melepas tembakan yang masih tepat di tangkapan Valdes.

Laurent Koscielny menjatuhkan Pedro di kotak penalti menit ke-56. Meski begitu wasit menyatakan play on.

Van Persie memiliki peluang menjebol gawang Barca menit ke-64. Namun sepakan Van Persie dari luar kotak penalti masih bisa ditangkap Valdes.

Gol! Arsenal menyamakan skor melalui sepakan Robin Van Persie menit ke-78. Menerima umpan dari Gael Clichy, Van Persie dari sisi kiri melepas tembakan dari sudut sempit yang gagal dibendung Victov Valdes.

Lima menit berselang The Gunners berhasil membalikkan keadaan berkat Andrey Arshavin. Gol ini berawal dari akselerasi Samir Nasri dari sisi kanan, kemudian ia mengirim umpan pada Arshavin. Tendangan pemain Rusia itu berhasil menjebol gawang Barca.

Dua menit menuju bubaran, serangan Barca lewat Dani Alves berhasil ditepis oleh Szczesny. detikcom

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…