Kamis, 17 Februari 2011 06:37 WIB Sport Share :

AS Roma dipermalukan Shakhtar Donetsk 2-3

Roma (Solopos.com) — Tampil di kandang sendiri, Stadion Olimpico, AS Roma dipermalukan Shakhtar Donetsk 2-3 pada laga pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu atau Kamis (17/2/2011) dini hari WIB.

?
Dengan hasil ini, Roma diwajibkan menang minimal 4-3 atau selisih dua gol dari Donetsk pada laga kedua, 8 Maret mendatang. Itu tentu menjadi misi yang berat mengingat laga kedua akan dimainkan di kandang Donetsk, Donbass Arena.

Roma justru lambat berkembang. Pada menit ke-9, Donetsk malah memberikan sedikit tekanan kepada Roma. Tendangan voli Jadson memanfaatkan sepak pojok masih berhasil diblok John Arne Riise. Satu menit berselang, giliran pemain belakang Donetsk yang mengeblok tendangan pemain Roma, Jeremy Menez.

Kiper Roma, Alexander Doni, hampir saja melakukan blunder pada menit ke-12. Tangkapannya yang kurang baik membuat bola hasil tendangan bebas Darijo Srna hampir menjadi gol bagi tim tamu. Beruntung, bola tersebut hanya berbuah tendangan sudut bagi Donetsk.

Roma punya peluang emas menit ke-20. Namun, tandukan Nicolas Burdisso yang memanfaatkan sepak pojok Francesco Totti masih melebar di atas mistar gawang kiper Donetsk, Andriy Pyatov.

Roma akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-28. Umpan Rodrigo Taddei disambut tandukan oleh Simone Perrotta. Sebelum masuk ke gawang, bola tandukan Perrotta sempat menyentuh badan pemain Donetsk.

Sayang, keunggulan Roma tak bertahan lama. Satu menit berselang, bola tendangan keras Jadson menyentuh pemain belakang Roma sebelum akhirnya masuk ke gawang Doni yang sudah mati langkah.

Donetsk berbalik unggul pada menit ke-36 lewat aksi Douglas Costa. Gol Donetsk ini pun dicetak oleh Douglas Costa dari luar kotak penalti.

Vucinic coba menyamakan kedudukan pada menit ke-41. Sayang, bola tendangan kaki kirinya masih melebar di sisi kanan gawang Pyatov.

Bukannya menyamakan kedudukan, gawang Roma malah kebobolan pada menit ke-42. Kali ini sang aktor adalah Luiz Adriano yang berhasil memanfaatkan umpan Douglas Costa.

Adriano hampir mencetak gol kedua. Namun, peluang dari Adriano pada menit tambahan babak pertama berhasil digagalkan oleh bek Philippe Mexes. Skor tetap 1-3.

Babak kedua, Roma coba menekan di awal. Namun, ketatnya pertahanan lawan membuat perjuangan “I Gialorossi” mentok di tengah jalan. Menez, Totti, dan Vucinic berkali-kali mencoba membongkar pertahanan Donetsk, tetapi akhirnya selalu gagal.

Pada menit ke-60, umpan tumit dari Menez menciptakan peluang emas bagi Vucinic. Kurang tenangnya striker asal Montenegro tersebut membuat peluang itu terbuang percuma.

Satu menit kemudian, Menez yang mendapat peluang. Namun, kali ini pemain asal Perancis tersebut tak mau menyia-nyiakannya. Dengan cerdik, Menez menempatkan bola ke sudut atas kanan gawang Donetsk. Pyatov yang sudah terlihat maju gagal menahan laju bola dan gol.

Roma terus menekan. Melihat lini depannya kurang gereget, pelatih Roma menarik Mirko Vucinic dan memasukkan Marco Borriello pada menit ke-68. Namun, usaha Roma gagal menambah gol dan mereka dipaksa menyerah 2-3. Kompas.com

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…