News
Rabu, 16 Februari 2011 - 09:25 WIB

MUI Jatim minta semua pihak menahan diri

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pasuruan (Espos) – MUI Jatim mengaku heran adanya rentetan tindakan anarkis mengatasnamakan agama yang terjadi di Indonesia dengan kasus terakhir di Pasuruan. MUI Jatim meminta agar semua pihak menahan diri atas insiden penyerangan Ponpes Alma’hadul Islam Yayasan Pesantren Islam (YAPI) di Desa Panep, Beji.

“Agar semua pihak menahan diri. Jangan ketularan seperti di daerah lain,” kata Ketua MUI Jatim KH Abdussomad Buchori, Selasa (15/2).

Advertisement

Abdussomad mengimbau agar setiap konflik yang terjadi hendaknya diselesaikan dengan baik tanpa kekerasan. Faktor penyebabnya pun harus dicari agar peristiwa yang terjadi di daerah lain tidak terulang.

“Kita perlu kewaspadaan dini. Lebih baik cari penyebabnya sebelum terjadi daripada mencari penyebab setelah kejadian,” tambah dia.

Abdussomad menambahkan bahwa rencananya hari ini MUI akan mengundang Pemrov Jatim guna membahas masalah ini. Konflik seperti yang terjadi di Pasuruan harus diredam agar kondisi Jatim yang kondusif tidak terpengaruh dengan kondisi serupa di luar Jatim.

Advertisement

Apakah ada rekonstruki membawa kerusuhan mengatasnamakan agama ke Jatim, Abdussomad memilih mneyrahkannya ke polisi. Polisi, kata Abdussomad, diharapkan bisa menjalankan fungsinya agar konflik seperti di Pasuruan tidak merembet ke daerah lain di Jatim.

“Apakah ada upaya membikin Jatim rusuh, itu urusan intel polisi. Sekali lagi, semua pihak harus bisa menahan diri. Tetapi semua pihak juga jangan ada yang berusaha memancing,” tandas Abdussomad.

dtc/try

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif