News
Selasa, 15 Februari 2011 - 21:10 WIB

Sulawesi Tenggara diguncang gempa 6,1 SR

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kendari–Gempa bumi mengguncang Kendari, Sulawesi Tenggara pada pukul 20.30 WIB. Gempa ini tidak berpotensi Tsunami.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa terjadi Selasa (15/2), dengan kekuatan 6,1 Skala Ritcher.

Advertisement

Pusat gempa berada pada 143 Km Poso, 155 Km Timur Laut Palopo, 207 km Barat Laut Kendari, 247 Km Timur Laut Singkang dan 1680 Km Timur Laut Jakarta. BMKG memastikan, gempa ini tidak menimbulkan gelombong tsunami.

Sebelumnya, sekitar pukul 22.40 WITA, Selasa (15/2/2011) malam, listrik di seluruh Sulawesi Selatan (Sulsel) padam tiba-tiba tanpa pemberitahuan. Biasanya jika terjadi pemadaman, kantor PLN setempat akan memberitahukan pada warga melalui iklan di media massa, beserta data penyebab pemadamannya.

Humas PLN Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara, Yamin Lole menjelaskan telah terjadi peristiwa ‘Padam Meluas’ atau dalam istilah kelistrikan disebut Black Out di seluruh kabupaten se-Sulsel.  Penyebabnya sendiri belum diketahui berasal dari mana dan sampai kapan terjadi.

Advertisement

“Penyebabnya biasanya terjadi di sistem pembangkitnya, pada bagian transmisinya, tapi kami masih menelusurinya sebelum dipastikan, segera kami informasikan jika sudah diketahui penyebabnya,” jelas Yamin.

Sementara itu, dari pantauan, terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan protokol, seperti di perempatan jalan Veteran, jalan Masjid Raya, Makassar, akibat padamnya lampu lalu lintas. Sementara itu, tidak terlihat anggota polisi lalu lintas (Polantas) yang biasanya berjaga.

dtc/tya

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Gempa Sulawesi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif