Senin, 14 Februari 2011 08:35 WIB Hukum Share :

Sidang Ba'asyir, pengunjung berebut tempat duduk

Jakarta (Espos) – Kericuhan kecil sempat terjadi menjelang sidang dakwaan Abu Bakar Ba’asyir. Pengunjung sidang pria yang memenuhi ruangan sidang diprotes karena menempati tempat duduk wanita.

Pantauan wartawan, ruang sidang dibuka untuk umum sekitar pukul 07.55 WIB. Dari tiga buah pintu yang tersedia, hanya satu pintu dibuka yakni di bagian utara. Di dalam ruangan, ada tali berwarna biru yang memisahkan barisan pengunjung.

Seluruh kursi di ruangan terpantau penuh. Dari 50-an kursi yang tersedia sudah terisi semua dan ada sekitar 20-30 orang berdiri, termasuk para jurnalis. Pengunjung didominasi pendukung Ba’asyir dari Jamaah Anshorut Tauhid (JAT).

Sempat terjadi keributan kecil di ruang sidang. Para pengunjung wanita merasa keberatan karena dua baris tempat duduk di sebelah utara dipenuhi pria. Sementara empat kursi di belakang sudah terisi wanita.

“Pak, minggir ini kursi untuk perempuan,” tegas seorang ibu bercadar.

Melihat kondisi ini, seorang petugas pengadilan kemudian mendamaikan suasana. “Semua sudah duduk jadi harap tenang karena sidang sebentar lagi mulai,” ucap petugas tersebut.

Ibu-ibu yang sempat ngotot pun akhirnya mengalah. Mereka memilih untuk berdiri di sekitar area sidang.

dtc/try

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…