Senin, 14 Februari 2011 13:31 WIB Sport Share :

Ronaldo tutup karirnya di sepakbola

Rio de Janeiro (Espos) – Sepakbola dunia akan kehilangan salah satu pemain terbaik yang pernah dilahirkan. Di usia 34 tahun, Ronaldo Luis Nazario de Lima memutuskan menyudahi karirnya sebagai pesepakbola.

Adalah kondisi tubuh yang tak lagi fit yang memaksa Ronaldo memilih opsi gantung sepatu. Dia berencana mengumumkan keputusan pensiun itu dalam konferensi pers, Senin (14/2), waktu setempat.

“Saya ingin lanjut terus tapi saya tak bisa. Saya berpikir untuk membuat permainan tapi saya tak bisa melaksanakannya. Waktunya sudah habis,” sahut Ronaldo pada media Brasil.

Keputusan pensiun yang akan diumumkan Ronaldo tak akan membuatnya langsung meninggalkan sepakbola. Dengan masih terikat kontrak bersama Corinthians, dia akan tetap membela klub raksasa Brasil tersebut hingga akhir musim kompetisi.

Cruzerio menjadi klub yang pertama dibela Ronaldo pada tahun 1993 silam, di mana dia tampil memikat dan masuk dalam skuad Brasil saat menjuarai Piala Dunia 1994 dalam usia 17 tahun.

Atas saran Romario, Ronaldo kemudian hijrah ke Eropa dan memperkuat PSV Eindhoven. Mencetak 30 gol di musim pertama dan punya rataan gol yang sangat baik di musim berikutnya, pemain kelahiran Rio de Janeiro itu kemudian dipinang Barcelona.

Nou Camp menjadi ajang pembuktian kualitas hebat yang dimiliki Ronaldo di mana dia membuat 47 gol dari 49 penampilan bersama The Catalans di musim perdananya. Ronaldo pun terpilih menjadi Pemain Terbaik FIFA termuda setelah memenanginya dalam usia 20 tahun.

Selanjutnya karir Ronaldo berjalan penuh gelar dan penghargaan. Inter Milan, Real Madrid dan AC Milan sempat merasakan ketajamannya, sebelum memutuskan pulang ke Corinthians tahun 2009.

Beragam trofi berhasil direngkuh. Yang paling bergengsi tentu saja Ballon D’or di tahun 1997 dan 2002 serta status Pemain Terbaik Dunia Versi FIFA tahun 1996, 1997 dan 2002.

Sebelum memutuskan pensiun dari timnas Brasil, Ronaldo memberi negaranya dua gelar juara dunia 1994 dan 2002. Itu belum termasuk Copa Amerika tahun 1997 dan 1999 serta Piala Konfederasi 1997. Ronaldo kini juga masih tercatat sebagai top skorer sepanjang masa Piala Dunia dengan 15 gol yang sudah dia lesakkan.

dtc/try

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…