Senin, 14 Februari 2011 14:27 WIB Sport Share :

Liga Champions memanggil lagi 16 kontestan

Jakarta (Espos) – Liga Champions masih setengah jalan. Setelah jeda hampir tiga bulan, 16 tim yang masih bertahan akan melanjutkan perjalanannya, mengikuti panggilan bertemu di London akhir Mei depan.

Tengah pekan ini delapan kontestan akan memulai perjuangan pertamanya di fase knockout. AC Milan, Tottenham Hotspur, Valencia dan Schalke akan mentas Selasa (15/2) malam, Arsenal, Barcelona, AS Roma dan Shakhtar Donetsk turun ke lapangan besok malam.

Setelah fokus di kompetisi lokal, tim-tim tersebut akan diuji daya tahannya lagi setelah lolos dari babak grup. Tantangan lebih besar karena kompetisi sudah menggunakan sistem gugur, mereka juga sudah “menguras” separuh energinya di paruh pertama musim ini.

Duel Milan kontra Tottenham akan menjadi daya tarik utama besok malam. Milan spesialis Eropa, Totenham berstatus debutan. Rossoneri sedang memimpin Seri A, The Lilywhites tetap menjadi salah satu kuda hitam di Premier League.

Spurs — sebutan lain untuk Totenham Hotspur — tak bisa dipandang sebelah mata walaupun minim pengalaman di Liga Champions. Permainan yang bagus sejak musim lalu, ketika mereka finis empat besar di Inggris, masih berlanjut di musim ini.

Tim asuhan Harry Redknapp tetap bersaing di papan atas, dan mereka memiliki pemain-pemain top yang sedang dalam top performance setelah Aaron Lennon, Rafael van der Vaart, Gareth Bale, Luka Modric, dan Michael Dawson.

Meski demikian, pengalaman kerap menjadi faktor besar di Liga Champions —  dan Milan tidak perlu dipertanyakan lagi. Apalagi mereka juga akan memainkan leg pertama ini di kandang sendiri.

Partai mentereng Rabu malam adalah perjumpaan Arsenal dengan Barcelona di Emirates Stadium. Buat Arsenal, ini adalah sebuah tantangan sangat besar, tak sekadar membalas kekalahan di final 2006 dan musim lalu. Mereka bisa menjadi jawaban untuk pertanyaan yang hingga kini masih dicari orang: “siapa yang bisa mengalahkan El Barca?”

Selain dua partai tersebut, Valencia akan menjajal peruntungannya melawan tim kuat Jerman yang loyo di kompetisi domesti, Schalke. AS Roma, yang permainannya naik-turun, akan ditantang Shakhta Donetsk.

Minggu depan juga digelar empat pertandingan, termasuk big match juara bertahan Inter Milan versus Bayern Munich di Giuseppe Meazza. Manchester United juga diperkirakan akan mendapat perlawanan keras dari Marseille di Stade Velodrome.

Real Madrid, yang menjaga mimpi menambah koleksi trofi Eropa-nya menjadi 10, kali ini dengan pelatih terbaik dunia Jose Mourinho, akan bertemu dengan salah satu tim yang sering merepotkan mereka: Olympique Lyon. Sementara itu Chelsea boleh jadi akan relatif mampu mengatasi lawan pertamanya di babak knockout, FC Copenhagen.

Liga Champions musim ini akan berakhir di Stadion Wembley, London, pada 2 Mei. Siapa dua tim yang bertarung di stadion keramat Inggris itu, yaitu mereka yang sejak pekan ini mampu melewati rintangannya.

dtc/try

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…