Minggu, 13 Februari 2011 14:40 WIB Wonogiri Share :

Pilih Sekda, Bupati adakan poling

Wonogiri (Espos)--Kekosongan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wonogiri sejak ditinggal pensiun pejabat sebelumnya, Suprapto, September 2010 lalu segera terisi. Bupati H Danar Rahmanto, Sabtu (12/2) telah mengadakan poling yang melibatkan pegawai di seluruh SKPD untuk memilih pengganti Soeprapto.

Kepada wartawan, Minggu (13/2), Danar mengungkapkan poling tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan tiga dari enam nama calon yang sudah lulus tes positions competencies assessment program (PCAP)  untuk diajukan ke Gubernur. Menurut rencana, tiga nama itu akan diajukan Rabu (16/2) atau Kamis (17/2).

Sebelumnya, Danar mengatakan telah mengajukan enam nama calon untuk mengikuti tes PCAP dan semuanya lulus. “Setelah itu kan saya harus memilih tiga nama dari enam calon itu untuk memberikan paparan di hadapan Gubernur, sehingga bisa dipilih salah satu. Kalau semuanya lancar dalam bulan ini sudah bisa diperoleh satu nama untuk menjabat Sekda definitif,” kata Danar.

Danar mengakui penentuan tiga nama dari enam calon untuk diajukan ke Gubernur maupun penentuan Sekda sendiri sebenarnya merupakan hak prerogatif dirinya sebagai Bupati. Namun, menurutnya hal itu bukan berarti dia bisa memilih seenaknya tanpa mempertimbangkan suara kalangan birokrasi.

Karena itulah, Danar berinisiatif mengadakan poling untuk mengetahui siapa yang paling diinginkan oleh kalangan birokrasi sebagai pimpinan mereka. “Sekda sebagai pengampu pelaksanaan tugas-tugas birokrasi tentunya harus sehati dengan mayoritas kalangan birokrasi. Kalau tidak, bagaimana ia bisa bersinergi dengan semua SKPD?” tegasnya.

shs

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…