Minggu, 13 Februari 2011 10:06 WIB Klaten Share :

30 Lahan parkir dilelangkan

Klaten (Espos)–Sebanyak 30 titik lahan parkir di Klaten dilelangkan di awal tahun 2011 ini. Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten masih memberlakukan tarif parkir sesuai Perda lama No 6/ 2006. “Perda Parkir yang baru masih belum selesai direvisi. Jadi, tahun 2011 ini masih mengacu Perda No 6/ 2006 tentang perpakiran,” kata Kepala UPTD Terminal dan Perpakiran Dishub Klaten, Joko Suwanto kepada Espos, Sabtu (12/2).

Mengacu Perda No 6/ 2006 tentang perpakiran, tarif sepeda motor dan kendaraan roda empat masing-masing ialah Rp 300 dan Rp 500. Sedangkan kendaraan roda enam dan kendaraa lebih dari roda enam masing-masing ialah Rp 1.500 dan Rp 3.000. Ketentuan tersebut berlaku di jalan raya selain jalan Nasional dan jalan Provinsi sebab Undang-Undang No 22/ 2009 melarang menjadikan kedua jenis jalan tersebut sebagai lahan parkir.

Meski demikian, diakui Joko, tak sedikit kendaraan berat yang nekat menjadikan kedua jenis jalan tersebut sebagai tempat parkir. “Dalam hal ini, kami tak bisa menindak ketika banyak kendaraan ngetem berhari-hari di jalan Solo-Jogja. Padahal, sebenarnya dilarang,” paparnya.

Lebih lanjut Joko menjelaskan, sejumlah ruas jalan yang menjadi titik lelang parkir antara lain berada di Jalan Pemuda bagian selatan, bagian utara, bagian tengah, Jalan Rajawali, Jalan Cempaka, Jalan Pramuka, Jalan Garuda, serta Jalan Merbabu. Selain di Klaten Kota, sejumlah jalan yang menjadi lahan lelang parkir juga berada di wilayah Kecamatan Pedan, Cawas, Delanggu, Jatinom, Prambanan, Jogonalan, serta Wedi. Pada sejumlah jalan, kata Joko, lahan parkir bisa berada di dua sisi sepanjang tak terjadi kemacetan lalu lintas. “Selama ini, parkir masih berjalan normal dan mengalami kamacetan,” tambahnya.

asa

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…