Sabtu, 12 Februari 2011 09:41 WIB Kesehatan Share :

WHO
Alkohol membunuh lebih banyak daripada AIDS atau TBC

Jakarta (Espos) – Organisasi kesehatan WHO merilis hasil penelitian tentang bahaya minuman beralkohol. Hasilnya alkohol bertanggung jawab atas hampir empat persen kematian di seluruh dunia.

“Lebih tinggi dari AIDS, TBC, atau kekerasan,” demikian hasil penelitian WHO yang berjudul ‘Global Status Report on Alcohol and Health’ seperti yang ditulis oleh Reuters, Sabtu (12/2).

Setidaknya 2,5 juta orang tewas setiap tahun karena berbagai hal yang berkaitan dengan alkohol. Prevalensi terbesar ada pada pria karena mereka mengonsumsi alkohol lebih banyak daripada perempuan.

“Komposisinya 4 banding 1. Para pria memiliki perilaku mengonsumsi alkohol dalam tingkatan yang berbahaya daripada perempuan di hampir seluruh tempat,” tambah laporan tersebut.

Alkohol menjadi faktor penyebab 60 macam penyakit dan kecelakaan. Data ini dirilis WHO untuk pertama kali sejak tahun 2004. Konsumsi alkohol dikaitkan dengan penyakit hati, epilepsi, keracunan, kecelakaan di jalan raya, kekerasan, dan beraneka macam jenis kanker. “Enam atau tujuh tahun lalu kami tidak punya bukti kuat untuk membuktikan hubungan sebab akibat minuman alkohol dengan kanker payudara. Sekarang kami memilikinya,” ujar pejabat WHO Vladimir Poznyak.

Peningkatan kesejahteraan memicu konsumsi minuman beralkohol di negara padat penduduk, Asia dan Afrika. Keadaan ini kian diperparah lemahnya kontrol mengendalikan peredaran minuman alkohol.

Dalam laporan itu juga disebutkan cara paling efektif mengendalikan peredaran minuman alkohol adalah dengan menaikkan pajak. Cara lainnya bisa dengan membatasi usia pembeli minuman alkohol dan mengatur kadar alkohol dalam darah pengemudi kendaraan untuk mencegah kecelakaan.

dtc/try

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…