Sabtu, 12 Februari 2011 15:39 WIB Ekonomi Share :

Pabrik patungan KS-Antam berproduksi Agustus 2011

Bogor (Espos) – Pabrik ironmaking hasil kerjasama PT Krakatau Steel Tbk (KS) dan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Kalimantan Selatan akan mulai berproduksi bulan Agustus tahun ini.

“Kita ditugaskan di Kalimantan saja, pabrik ironmaking-nya. Bulan Agustus sudah diproduksi,” ujar Direktur Utama KS Fazwar Bujang saat ditemui di sela Retreat BUMN, Istana Bogor, Jumat (11/2).

Dia mengatakan proyek senilai Rp 1,1 triliun ini, porsi saham KS adalah sebanyak 62% dan Antam sebesar 32%, serta bantuan pemerintah sekitar 5% untuk penyediaan lahan. “Di sana kita luasnya 30 hektare walaupun telah dapat izin 200 hektare,” ujarnya.

Fazwar menyatakan rencana pembangunan pabrik ini muncul sebelum perusahaan baja plat merah ini melantai di bursa sehingga anggaran yang digunakan dari kocek pribadi. “Dari awal sudah ditetapkan,” jawabnya ketika ditanya mengenai modal proyek Kalimantan tersebut.

Fazwar menyatakan alasan perseroan tak langsung memproduksi baja di pabrik baru itu karena tidak tersedianya pasokan listrik yang cukup.

“Tidak ada listrik yang tersedia. Di sana saja kita bangun pembangkit listrik sendiri tapi kecil hanya 28 MW,” tandasnya.

Dikatakan Fazwar pabrik tersebut dapat memproduksi baja sebesar 315 ribu ton per tahun. Jumlah tersebut akan menambah produksi baja KS yang saat ini sekitar 2,75 juta ton.

dtc/try

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…