Sabtu, 12 Februari 2011 13:19 WIB Internasional Share :

Gempa 6,8 skala Richter landa Cile

Cile (Espos) – Warga Cile berhasil selamat dari gempa karena belajar dari peristiwa sebelumnya. Gempa berkekuatan 6,8 skala richter mengguncang wilayah selatan Cile dan mengakibatkan ribuan orang meninggalkan rumah tinggal mereka.

Laporan menyebutkan kawasan yang terguncang gempa kali ini sebelumnya tahun lalu juga mengalami bencana tsunami dan gempa.

Pemerintah mengatakan belum ada laporan tentang jatuhnya korban jiwa dan juga kerusakan bangunan yang serius akibat gempa kali ini.
Ribuan orang memang dilaporkan meninggalkan rumah dan berjalan ke dataran tinggi yang berada di sekitar tempat tinggal mereka.

Gempa susulan dilaporkan mengguncang kawasan yang sama beberapa jam kemudian namun kekuatanya jauh lebih kecil dari gempa pertama.

Presiden Cile, Sebatian Pinera mengatakan warganya kali ini mampu bereaksi dengan cepat dan menyelamatkan diri dari bencana kali ini.

“Sejumlah pakar gempa mengatakan bahwa sejumlah gempa besar akan terus terjadi hingga lima tahun ke depan sejak gempa pada 27 Februari tahun lalu,” karta Pinera mengingatkan warganya.

Gempa bumi dahsyat saat itu tercatat berkekuatan 8,8 pada skala richter dan mengguncang bagian tengah Cile tepatnya 91 km timur laut kota Concepcion dan 317 barat daya ibukota Cile, Santiago.

Presiden Pinera mengatakan mereka telah mengambil pelajaran dari bencana gempa tahun lalu dan telah melakukan persiapan lebih baik dalam mengahadapi bencana kali ini. Cile saat ini masih terus melakukan perbaikan terhadap sejumlah infrastruktur yang rusak berat akibat gempa tahun lalu yang juga menewaskan sekitar 400 orang.

dtc/try

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…