Sabtu, 12 Februari 2011 09:13 WIB News Share :

BUMN sumbang Rp 380 triliun ke Belanja Negara 2011

Bogor (Espos) – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menyumbangkan dana Rp 380 triliun untuk membiayai belanja negara di 2011 ini. Pemerintah meminta jumlah ini terus dinaikkan.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengeluhkan saat ini operational expenditure (Opex) belanja operasional BUMN jauh lebih besar jika dibandingkan capital expenditure (Capex) atau belanja modalnya. Menurut dia, perbandingannya bahkan bisa mencapai empat kali lipat.

“Ini adalah Opex-nya terlalu besar kan Rp 1.000 triliun, sedang Capex Rp 290 triliun,” ujar Hatta di Istana Bogor, Jumat (11/2).

Untuk itu, Hatta menyatakan pemerintah berencana menekan belanja operasional BUMN dan meningkatkan belanja modal guna menambah kontribusi BUMN untuk pembangunan. Tahun ini direncanakan BUMN sumbang Rp 380 triliun atau US$ 40 miliar untuk belanja pembangunan.

“Ini memang salah satu rekomendasi nanti itu Opex ditekan dan Capex dinaikkan, sehingga kontribusi pada pembangunan meningkat dan kami ingin mendorong, dari tadi keliatan, belanjanya sampai US$ 40 miliar, ini untuk investasi baru dari negeri saja, jadi kita luar biasa. Jadi ini sudah menjadi permintaan kita,” tandasnya.

dtc/try

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…