News
Sabtu, 12 Februari 2011 - 13:10 WIB

4 Saksi kunci jemaat Ahmadiyah dicari Komnas HAM

Redaksi Solopos.com  /  Triyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Espos) – Jemaat Ahmadiyah Jakarta yang datang ke Cikeusik, Pandeglang, Banten, berjumlah 17 orang. Empat di antaranya masih belum diketahui keberadaannya. Komnas HAM mencari keempat saksi kunci dari Ahmadiyah tersebut untuk dimintai keterangan.

“Total dari Jakarta ada 17 orang, tiga meninggal, empat dievakuasi di Polres Pandeglag, lima dirawat di rumah sakit, sudah 12 orang tambah Arif jadi 13 orang. Sisanya empat lagi masih kita cari,” kata Wakil Ketua Komnas HAM M Ridha Saleh di Jakarta, Sabtu (12/2).

Advertisement

Ridha mengatakan, pihak Ahmadiyah sudah menginformasikan kepada Komnas HAM untuk menghadirkan empat saksi kunci itu. Diharapkan keempatnya bisa kooperatif dalam pemeriksaan Komnas dan kepolisian.

“Tujuan kita bongkar sampai tuntas agar tak terjadi lagi. Diharapkan mereka nanti kooperatif kepada aparat kepolisian,” ujarnya.

Menurut Ridha, tidak hanya saksi dari Ahmadiyah, Komnas juga akan memintai keterangan para pelaku penyerangan jemaat Ahmadiyah. Komnas pun akan berkoordinasi dengan Polri untuk bisa memeriksa tersangka penyerangan Ahmadiyah.

Advertisement

“Kita akan periksa pelaku penyerangan. Nanti kita komunikasi dengan aparat kepolisian. Tidak semua tersangka. Kita lihat nanti bagaimana.”

Ridha menjelaskan tujuan pemeriksaan Komnas berbeda dengan Polri. Pemeriksaan Polri melalui proses hukum dan untuk menetapkan tersangka. Sedangkan Komnas untuk mengetahui pelanggaran HAM yang terjadi. “Apakah pelanggaran HAM itu terjadi begitu saja atau by design atau rekayasa, siapa yang terlibat di situ, kita komunikasikan ke semua pihak untuk perbaikannya agar tidak terjadi lagi,” ungkapnya.

dtc/try

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Cikeusik Jemaat Ahmadiyah
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif