Jumat, 11 Februari 2011 17:23 WIB News Share :

PPATK temukan 40 transaksi mencurigakan setiap hari

Jakarta (Espos) – PPATK sudah menemukan lebih dari 68 ribu transaksi mencurigakan. Dan jika dirata-rata, transaksi mencurigakan yang mereka temukan tiap harinya mencapai 40 buah.

“Kalau rata-rata per hari transaksi mencurigakan masih cukup tinggi, sampai 40 setiap harinya online maupun offline,” jelas Ketua PPATK, Yunus Husein di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (11/2).

Yunus menjelaskan, selama ini pihaknya menemukan sekitar 68 ribu transaksi mencurigakan. Sedangkan dari 1.400 laporan analisis transaksi keuangan, sebanyak 40 persennya terindikasi korupsi.

“Itulah bahan baku kami dalam melakukan pendalaman-pendalaman untuk menjawab siapa pelakunya,” lanjut Yunus.

Pemerintah sendiri, lanjut Yunus, telah membentuk Komite Nasional Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang. Menko Polhukam, Djoko Suyanto menjadi ketuanya. Sedangkan Yunus sebagai sekretaris.

Ada 10 pejabat setingkat menteri yang berada dalam komite ini. Yang menarik, menurut Yunus, rapatnya hanya setahun sekali.

dtc/try

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…