Jumat, 11 Februari 2011 06:15 WIB Pendidikan Share :

“Tindak tegas Kasek nakal!

Solo (Espos)--Masyarakat Peduli Pendidikan Surakarta (MPPS) meminta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo menindak tegas kepala sekolah (Kasek) nakal. Yaitu Kasek yang sering menarik iuran kepada siswa, padahal sudah jelas dilarang.

Koordinator MPPS, Hastin Dirgantari, saat dihubungi Espos, Kamis (10/2), mengungkapkan jika tidak ada sanksi tegas, bukan tidak mungkin tradisi menarik iuran ketika ada kegiatan apapun, akan terus berlangsung di sekolah.

Sementara itu pengamat pendidikan dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Dr M Furqon Hidayatullah MPd, menguraikan upaya mengurangi pungutan di sekolah bisa dilakukan jika sekolah sudah diarahkan untuk membuat perencanaan kegiatan yang matang berdasarkan kebutuhan sekolah. Ketika sekolah akan mengadakan pungutan, harus dilihat apakah pungutan itu memiliki urgensi di bidang pembelajaran atau hanya pendukung saja.

“Kalau urgensinya di bidang pembelajaran, mau tidak mau pungutan itu harus diadakan. Tapi sebagai langkah awal, dilakukan komunikasi dari sekolah kepada orangtua dan Dinas. Jika semua sepakat, baru ditarik,” terangnya.

Ketika pungutan menyangkut hal-hal pendukung, Furqon menyarankan agar diadakan secara sukarela tanpa memberikan batasan nominal. Namun demikian Furqon menekankan hal itu harus sesuai ketentuan yang berlaku.

“Akuntabilitas juga harus bisa dipertanggungjawabkan ketika sekolah mengadakan pungutan,” ungkapnya.

Jika Walikota akan membuat aturan tentang pengutan sekolah, ia berpendapat harus ada pembatasan yang jelas tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan dan tanggung jawab pemerintah.

Menurutnya, pemerintah tidak akan pernah mampu menggratiskan pendidikan secara keseluruhan. Tetap butuh peran serta masyarakat. Misalnya peran orangtua dalam memberikan akomodasi dan sarana pembelajaran kepada anaknya.

ewt

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…