News
Kamis, 10 Februari 2011 - 05:40 WIB

Peserta UN SD dan SMP sudah final

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Jumlah peserta Ujian Nasional (UN) SD atau yang sederajat dan SMP atau yang sederajat, kini sudah final. Setelah menyelesaikan proses pendataan, panitai UN Solo kini menyiapkan pelaksanaannya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar SMP yang juga Ketua UN Solo, Maskuri, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (8/2), mengungkapkan jumlah peserta UN SMP adalah 11.570 siswa. UN dijadwalkan digelar pada 25-28 April. Namun hingga Rabu belum ada jadwal rinci terkait pengolahan nilai ataupun penyelenggaraan Ujian Sekolah (US).

Advertisement

“Kalau US pada prinsipnya harus dilaksanakan sebelum UN dan itu menjadi kewenangan setiap sekolah,” terangnya.

Sementara untuk UN SD, Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Dasar SD, Hasto Daryanto, menjelaskan jumlah peserta UN SD berjumlah 10.191 orang. UN SD akan digelar 10-12 Mei. Sedangkan UN susulan digelar 18-20 Mei. Mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). “Siswa SD akan dibagi dalam 642 ruang. Jumlah pengawas ruang sebanyak 1.284 orang,” ujarnya.

Soal kriteria kelulusan siswa SD, Hasto menguraikan nantinya akan ditetapkan setiap sekolah tapi dengan mengolah nilai terlebih dahulu. Nilai kelulusan terdiri atas 40% nilai sekolah dan 60% UN. Nilai sekolah diperoleh setelah menghitung rata-rata nilai rapor semester VII, VIII, IX, X, XI dengan bobot 40%, dan nilai Ujian Sekolah (US)  sebanyak 60%.

Advertisement

Terkait mekanisme pengawasan UN, Maskuri menerangkan hingga kini belum ada petunjuk pelaksanaan (Juklak) pengawasan UN yang akan dilaksanakan oleh perguruan tinggi yang mendapat rekomendasi dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Khusus Provinsi Jawa Tengah, BSNP telah menunjuk Universitas Negeri Semarang (Unnes) sebagai koordinator pengawas satuan pendidikan.

“Karena belum ada Juklak, hingga kini belum tahu bagaimana mekanisme pengawasannya. Apakah seorang pengawas akan stand by di satu sekolah, atau mengawasi beberapa sekolah,” ungkapnya.

ewt

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : SD UN
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif