News
Rabu, 9 Februari 2011 - 12:36 WIB

Turki minta Israel tidak ikut campur

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ankara – Mesir terus bergolak. Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan meminta pemerintah Amerika Serikat untuk mencegah Israel ikut campur dalam pergolakan yang tengah berlangsung di Mesir.

“Israel dalam kondisi apapun tidak boleh mencampuri apa yang tengah terjadi di Mesir,” ujar Erdogan seperti dikutip harian Turki, Hurriyet dan dilansir media Press TV, Rabu (9/2).

Advertisement

Dikatakan Erdogan, dirinya telah meminta Presiden AS Barack Obama dan PM Yunani George Papandreou untuk menghentikan kemungkinan upaya Israel untuk ikut campur di Mesir.

Pejabat-pejabat Israel telah mengungkapkan kekhawatiran mereka atas aksi demonstrasi antipemerintah yang terus berlangsung di Mesir. Mereka mencemaskan prospek kehilangan sekutu selama tiga dekade dan mitra kunci mereka dalam blokade warga Palestina di Jalur Gaza.

Sebelumnya PM Erdogan telah menyatakan dukungan pemerintah Turki atas aksi demonstrasi yang tengah berlangsung di Mesir. Erdogan pun mendesak Presiden Mesir Hosni Mubarak untuk menghormati keinginan rakyatnya akan perubahan dan mundur secepatnya.

Advertisement

Pernyataan Erdogan itu memicu protes dari pemerintah Mesir. Dalam surat resminya, Menteri Luar Negeri Mesir Ahmed Aboul Gheit menyerukan Turki untuk tidak lagi mengeluarkan statemen-statemen yang bisa membayakan hubungan antara kedua negara.

dtc/tya

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Mesir Rusuh
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif