Rabu, 9 Februari 2011 12:36 WIB Internasional Share :

Turki minta Israel tidak ikut campur

Ankara – Mesir terus bergolak. Perdana Menteri (PM) Turki Recep Tayyip Erdogan meminta pemerintah Amerika Serikat untuk mencegah Israel ikut campur dalam pergolakan yang tengah berlangsung di Mesir.

“Israel dalam kondisi apapun tidak boleh mencampuri apa yang tengah terjadi di Mesir,” ujar Erdogan seperti dikutip harian Turki, Hurriyet dan dilansir media Press TV, Rabu (9/2).

Dikatakan Erdogan, dirinya telah meminta Presiden AS Barack Obama dan PM Yunani George Papandreou untuk menghentikan kemungkinan upaya Israel untuk ikut campur di Mesir.

Pejabat-pejabat Israel telah mengungkapkan kekhawatiran mereka atas aksi demonstrasi antipemerintah yang terus berlangsung di Mesir. Mereka mencemaskan prospek kehilangan sekutu selama tiga dekade dan mitra kunci mereka dalam blokade warga Palestina di Jalur Gaza.

Sebelumnya PM Erdogan telah menyatakan dukungan pemerintah Turki atas aksi demonstrasi yang tengah berlangsung di Mesir. Erdogan pun mendesak Presiden Mesir Hosni Mubarak untuk menghormati keinginan rakyatnya akan perubahan dan mundur secepatnya.

Pernyataan Erdogan itu memicu protes dari pemerintah Mesir. Dalam surat resminya, Menteri Luar Negeri Mesir Ahmed Aboul Gheit menyerukan Turki untuk tidak lagi mengeluarkan statemen-statemen yang bisa membayakan hubungan antara kedua negara.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…