Rabu, 9 Februari 2011 07:15 WIB Pendidikan Share :

Peringkat dunia UNS versi Webometrics meningkat

Solo (Espos)– Peringkat dunia Universitas Sebelas Maret (UNS) versi Webometrics, per Januari 2011 mengalami peningkatan. Jika pada Juli 2010 UNS menempati peringkat 1.520, pada Januari 2011 UNS berada pada peringkat 1.253.

Kepala International Office UNS, Dr Syafii MT, mengungkapkan indikator perankingan yang digunakan Webometrics dalam meranking perguruan tinggi di dunia, didasarkan pada empat hal. Yaitu 50% didasarkan pada visibility atau banyaknya orang yang mengunjungi website UNS, 20% ditentukan oleh ukuran website, 15% oleh rich files dan 15% oleh tingkat scholar atau karya ilmiah yang dihasilkan.

“Artinya perangkingan ini tidak sepenuhnya bisa mewakili kualitas UNS karena indikator perangkingannya lebih banyak yang didasarkan pada banyaknya kunjungan ke website UNS,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (8/2).

Soal ranking UNS di tataran perguruan tinggi di Indonesia yang mengalami penurunan dari peringkat 10 pada Juli 2010, menjadi peringkat 16 pada Januari 2011, Syafii mengakui hal itu. Tapi ia menegaskan dasar perankingan tersebut harus dicermati karena lebih banyak didasarkan pada banyaknya kunjungan ke website UNS. Bukan semata pada banyaknya jurnal ilmiah yang terpublikasikan atau bahkan jurnal ilmiah yang dijadikan referensi oleh orang lain.

Ia mengungkapkan, pada 2010 menurut versi Quackelly Symonds (QS) Stars, UNS memperoleh bintang 2. Perankingan QS Stars, 60% berdasarkan kualitas penelitian dan 40% didasarkan pada hal lain. “Pada 2010 juga ada 34 karya ilmiah dosen UNS yang dijadikan referensi oleh pihak lain,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Pusat Komputer UNS, Dr Sutanto DEA, mengungkapkan capaian UNS pada perangkingan versi Webometrics, sudah sesuai rencana strategis UNS. Kenaikan peringkatnya juga stabil. ewt

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…