Soloraya
Rabu, 9 Februari 2011 - 04:15 WIB

Maret, Pasar Panggungrejo Solo dilengkapi hotspot

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo  (Espos) — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera memasang fasilitas <I>free hotspot</I> di Pasar Panggungrejo. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyiapkan <I>bandwith</I> berapasitas hingga 1 <I>megabyte per second</I> (Mbps).

Pemasangan <I>free hotspot</I> itu sebagai upaya memberdayakan Pasar Panggungrejo seiring dengan pembenahan kawasan pasar berupa pembongkaran pagar pembatas area pasar bagian depan.

Advertisement

Kepala Diskominfo Kota Solo Eny Tyasni Susana mengatakan fasilitas dipasang di kawasan Pasar Panggungrejo segera setelah pembenahan pasar itu selesai.

“Saat koordinasi dengan Dinas Pengelolaan Pasar (DPP), pembenahan pasar ditargetkan selesai akhir Februari ini. Fasilitas <I>free hotspot</I> dapat dipasang awal Maret. Perangkatnya dipasang di halaman atau pelataran depan pasar,” jelas Eby ketika ditemui wartawan di kantornya, Selasa (1/2).

Pemkot berencana memberdayakan pasar itu dengan memasang tenda-tenda yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa. Konsep awal pembangunan Pasar Panggungrejo yang merupakan tempat relokasi pedagang kaki lima (PKL) Jl Ki Hajar Dewantara memang menyasar konsumen kalangan mahasiswa.

Advertisement

Eny berharap fasilitas <I>gotspot<I> dapat menjadi daya tarik yang akan meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke pasar tersebut. Hal itu penting untuk memromosikan Pasar Panggungrejo.

Fasilitas <I>free hotspot</I> di Pasar Panggungrejo menambah fasilitas serupa di ruang publik yang disediakan Pemkot tahun ini. Eny menyebutkan, saat ini Diskominfo telah menambah layanan <I>free hotspot</I> di area Plaza Taman Sriwedari dan kawasan Museum Radya Pustaka Solo.

Pemkot juga memperbesar kapasitas <I>bandwith hotspot<I> yang telah dipasang di area Manahan, Ngarsopuro dan Taman Balekambang. <I>Bandwith hotspot<I> di kawasan Ngarsapura dan Taman Balekambang diperbesar kapasitasnya menjadi 1 Mbps.

Advertisement

Sementara itu, pembenahan Pasar Panggungrejo oleh DPP dimulai pekan ini (pekan lalu-<I>red</I>). Pembenahan diawali dengan pembukaan akses masuk ke pasar dengan membongkar pagar pembatas area pasar bagian depan.

DPP juga membuka akses jalan dari Pasar Panggungrejo menuju Kantor Kecamatan Jebres dan Kantor Badan Pertanahan Nasional yang berlokasi tak jauh dari pasar. Di pasat itu juga dibuat tangga dan kanopi di sejumlah titik.

”Kami membongkar pagar tembok di depan kios-kios sebelah timur dan diganti dengan pagar transparan transparan agar kios-kios yang menghadap ke timur terlihat dari segala arah dan bisa diakses secar amudah oleh para pembeli,” terang Kepala DPP Kota Solo, Subagiyo, saat ditemui terpisah. sry

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif