Soloraya
Rabu, 9 Februari 2011 - 23:05 WIB

Bus tingkat dan railbus diluncurkan 20 Februari

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Bus bertingkat wisata dan railbus (bus yang bergerak di rel) akan diresmikan Pemkot Solo pada 20 Februari mendatang dengan sebuah upacara kirab budaya. Bus bertingkat akan tiba di Solo pada Selasa (15/2) dan railbus pada Jumat (18/2).

Walikota Solo, Joko Widodo, mengatakan moda transportasi yang baru itu diharap dapat memenuhi kebutuhan moda transportasi masyarakat Solo untuk jangka menengah hingga jangka panjang.

Advertisement

“Kegunaannya bisa memecahkan permasalahan angkutan missal hingga puluhan tahun mendatang,” katanya saat menggelar rapat transportasi di Loji Gandrung, Rabu (9/2).

Jumlah bus bertingkat yang akan didatangkan satu unit bus, demikian juga railbus. “Pelan dulu, jangan buru-buru. BST saja butuh waktu lama untuk disosialisasikan ke masyarakat,” katanya. Menurut Jokowi, dalam perencanaan transportasi kota diperlukan perencanaan yang matang dan meliputi segala aspek. Tidak menutup akan ditambah jumlah bus jika sudah mulai dikenal masyarakat luas.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat menambahkan, bus tingkat tersebut baru dapat dimanfaatkan masyarakat umum sebulan setelah diresmikan. “Butuh satu bulan untuk test drive, karena ini butuh keahlian khusus,” katanya.

Advertisement

Herman mengungkapkan jalur rel kereta antara Gladag- Stasiun Jebres akan kembali dibangun. Jalur kereta ini akan dipakai untuk railbus. Diperkirakan 2012 jalur tersebut rampung dan dapat digunakan.

“Tidak akan menggali jalur rel lama, tapi akan membuat jalur baru,” imbuhnya. Jalur itu yakni di ruas Jl Jenderal Sudirman dan Jl Urip Sumoharjo.

“Kami perkirakan letak jalur tersebut berada di tengah jalan. Karena di pinggir ada galian kabel dan saluran air,” katanya. Untuk membangun jalur tersebut, pihaknya perlu mempertimbangkan aspek nonteknis dan sosial masyarakat.

Advertisement

aha

Advertisement
Kata Kunci : Railbus Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif