Selasa, 8 Februari 2011 23:00 WIB Pendidikan Share :

UMS tembus 32 besar peringkat PT terbaik ASEAN

Solo (Espos) — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menembus urutan 32 besar perguruan tinggi terbaik di ASEAN menurut hasil pemeringkatan versi Webometrics periode Januari 2011. Salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) di Soloraya ini juga merangsek ke ranking 12 nasional.

Peringkat tersebut jauh lebih baik jika dibandingkan rangking Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang hanya berada di posisi 16 nasional untuk periode yang sama. UNS juga berada di bawah UMS untuk urutan di tingkat ASEAN, yaitu di deretan 43 dari 100 universitas yang dinilai.

Kepala Pusat Penjamin Mutu atau Quality Assurance Centre (QAC) UMS Solo, Dr Mujiburrahman, menyebutkan perbaikan peringkat UMS di level nasional dan regional versi Webometerics adalah efek upaya peningkatan kualitas universitas secara umum. Selain itu menurutnya, UMS aktif dan terus mendorong publikasi hasil karya tulis dan penelitian dosen atau mahasiswa.

“Ini tentu jadi kabar yang menggembirakan meski sebenenarnya tak ada proyek khusus di UMS terkait pemeringkatan versi Webometrics. Kalau pun ada program, itu dalam rangka perbaikan kualitas dan manajemen perguruan tinggi secara umum,” ungkapnya ketika ditemui <I>Espos</I> di ruang kerjanya, Selasa (8/2) siang.

Mujib mengatakan, guna peningkatan mutu universitas, UMS membuat rencana pengembangan program studi atau rencana pengembangan fakultas. Melalui program itu jurusan atau fakultas diberi anggaran dana memadai agar bisa mengembangkan diri. Di antaranya dengan memfasilitasi dosen yang berminat dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian ilmiah.

Kabag Humas UMS, M Agus Mulyanto, menjelaskan pemeringkatan perguruan tinggi versi Webometrics dilakukan dengan melihat empat kriteria. Keempat kriteria itu adalah tautan eksternal unik yang diterima dari situs lain, banyaknya halaman yang ditemukan mesin pencari online, volume file di situs universitas yang layak dinilai, dan tulisan ilmiah atau laporan akademik.

Dia juga menyampaikan, peringkat UMS periode Januari 2011 jauh lebih baik dibandingkan urutan enam bulan lalu pada bulan Juli 2010. “Publikasi rangking perguruan tinggi oleh Webometrics diterbitkan setiap enam bulan sekali. Sekarang ini UMS meningkat signifikan karena periode Juli 2010 lalu hanya berada di urutan 17 nasional dan 77 di ASEAN,” ujarnya.<B>try</B>

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…