Soloraya
Senin, 7 Februari 2011 - 01:53 WIB

Taman Sekartaji peroleh DAK Rp 656 juta

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Pemerintah Pusat mengucurkan dana alokasi khusus (DAK) untuk melanjutkan proyek pembangunan Taman Sekartaji, Solo senilai Rp 656 juta.

Ketua Komisi II DPRD Kota Solo, Kusraharjo kepada Espos, Minggu (6/2), menjelaskan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Solo sudah mengalokasikan dana pendamping senilai Rp 193 juta dari APBD 2011. Rencananya, dana itu akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan Taman Sekartaji di sebelah timur. “Alokasi dana itu sudah termasuk untuk pembuatan DED (detail engineering design-red) pada triwulan pertama. Pada triwulan kedua, pembangunan fisik sekaligus pengawasan proyek bisa dimulai,” tukas politisi dari Partai Golkar ini.

Advertisement

Anggota Komisi II, Herlan Purwanto menjelaskan, hingga kini pemeliharaan Taman Sekartaji masih menjadi wewenang Badan Lingkungan Hidup (BLH). Rencananya, pemeriharaan taman yang berada di bantaran Kali Anyar itu akan diserahkan kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP).

Herlan mengakui, selama ini dana pemiliharaan Taman Sekartaji masih minim. Akibatnya, sejumlah fasilitas taman seperti lampu, sejumlah ornamen, maupun papan nama mulai rusak. Bahkan, kurangnya lampu penerangan membuat taman di pinggiran Jl Tentara Pelajar ini kerap dijadikan lokasi pacaran hingga berbuat mesum di malam hari.

“Sebenarnya pembangunan Taman Sekartaji memiliki tujuan yang bagus dalam rangka menambah ruang publik di Kota Solo. Namun, minimnya dana pemeliharaan ini membuat taman ini kurang terurus. Sangat disayangkan kalau taman ini menjadi lokasi berbuat mesum,” tandas Herlan.

Advertisement

Sebenarnya Herlan menginginkan DAK tersebut digunakan untuk perawatan Taman Sekartaji daripada memperluas area taman. Akan tetapi, pihaknya tidak bisa berbuat banyak lantaran DAK tersebut dikucurkan dari Pemerintah Pusat. “Biaya perawatan taman sifatnya mendesak. Sementara jika area tamannya dilebarkan justru akan menambah alokasi anggaran untuk perawatan taman nantinya,” tukas Herlan.

mkd

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Taman Sekartaji
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif