Senin, 7 Februari 2011 03:43 WIB Klaten Share :

Sistem pembayaran Raskin di Klaten diterapkan lebih tegas

Klaten (Espos)--Sistem pembayaran di muka beras untuk rakyat miskin (Raskin) di Kabupaten Klaten pada Bulan Februari ini diterapkan secara lebih tegas.

Desa diberi waktu paling lambat hingga hari H jadwal penyaluran untuk menyetor uang pembayaran Raskin senilai Rp 1.600 per kilogram. Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Sri Sumanto, Minggu (6/1), mengatakan seluruh desa/kecamatan telah diberi tahu tentang jadwal pasti Raskin untuk warga wilayahnya didistribusikan.

“Dengan demikian kami harapkan uang setoran Raskin sudah dilunasi sebelum hari H. Atau paling tidak jika hari ini Raskin turun, hari ini pula uang sudah siap dibayarkan,” ungkapnya saat dihubungi Espos.

Dia menguraikan pada Januari lalu sebenarnya sudah mulai diterapkan sistem serupa. Tapi karena masih dalam taraf penyesuaian dari kebijakan lama, pembayaran Raskin masih diberi toleransi hingga H+3 penyaluran. Menurutnya penghimpunan dana Raskin bulan lalu terbilang sukses karena setelah dievaluasi tebusan Raskin yang belum terbayarkan hingga akhir bulan hanya 2,3% dari total setoran se-Klaten Rp 2,5 miliar lebih.

“Padahal tahun sebelumnya pembayaran Raskin sering telat dan nilainya mencapai 40% dari total setoran,” jelasnya. Dia mengakui ada desa yang mengeluh kesulitan menerapkan sistem pembayaran di muka. Namun sistem semacam itu kebijakan Pemerintah Pusat yang bertujuan meminimalisasi penyelewengan sehingga daerah harus melaksanakan. Pihaknya merasa yakin warga penerima Raskin lama-lama akan terbiasa membayar terlebih dahulu.

Kasubbag Perindagkop Bagian Perekonomian Setda Klaten, Sri Hadi menuturkan Raskin Februari siap disalurkan Senin-Jumat (7-11/2). “Setiap hari ada sekitar lima kecamatan yang disuplai dari Gudang Bulog Karangwuni,” ungkapnya.

Dia mengatakan jadwal penyaluran Raskin telah disosialisasikan ke desa lewat kecamatan masing-masing sehingga diharapkan desa sudah siap menghimpun tebusan dari warga penerima.

Menurut Sri Hadi bulan lalu ada empat kecamatan yang sudah tertib melunasi Raskin pada H-1 penyaluran yakni Kemalang, Manisrenggo, Klaten Tengah dan Karangdowo. Sedangkan sisanya membayar hingga H+3 pendistribusian Raskin dan hanya sedikit yang telat. Diungkapkan dia, sasaran Raskin di Klaten sebanyak 113.784 rumah tangga sasaran (RTS) dengan jatah masing-masing 15 kilogram per bulan.

rei

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…