Senin, 7 Februari 2011 16:57 WIB Pendidikan Share :

Pemerintah akan gratiskan biaya sekolah Madrasah

Surabaya – Pemerintah berencana akan menggratiskan sekolah madrasah. Hal ini diungkapkan Menteri Agama Suryadharma Ali dalam sambutannya membuka Muswil ke VI DPW PPP Jatim di Asrama Sukolilo Surabaya, Jawa Timur, Senin (7/2).

Bahkan Suryadharma optimis tahun depan program ini akan terealisasi. Pasalnya, sudah memasuki kajian final untuk menentukan anggaran pemerintah.

“Insyaallah akan kita gratiskan, segratis-gratisnya. Tapi kita akan lihat dulu apakah digratiskan di semua wilayah Indonesia, atau sebagian wilayah. Apakah wilayah Indonesia bgaian timur dulu atau wilayah lainnya. Tapi saya yakin pasti bisa,” jelasnya.

Jika program penggratisan biaya sekolah madrasah ini berhasil maka, imbuh Suryadharma, akan dapat membantu problem pendidikan di Indonesia. Pasalnya, mayoritas siswa madrasah berasal dari masyarakat yang tidak mampu.

“Saat ini sebanyak 91,5 persen madrasah adalah swasta yang merupakan kerja keras para kiai untuk mengentas kebodohan di sekitar wilayahnya. Dengan demikian, jika disetujui maka kebodohan di Indonesia, Insyaallah akan hilang,” jelasnya.

Seryadharma juga mengungkapkan pihaknya menganggarkan Rp 27 miliar untuk pendidikan yakni menyekolahkan 500 anak jalanan ke beberapa pondok pesantren.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT. Astra International Tbk-isuzu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Murid Kencing Berlari, Guru (Honorer) Mati Seorang Diri

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (5/2/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Pendidikan Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Bambang Ekalaya atau sering disebut Palgunadi adalah…