Senin, 7 Februari 2011 18:29 WIB News,Internasional Share :

Nasib Pulau Komodo di ajang New7Wonders ditentukan malam ini

Jakarta—Nasib Taman Nasional Komodo di ajang New7Wonders

akan ditentukan nanti malam pukul 24.00 waktu Zurich, Swiss. Jika pada akhirnya TN Komodo dieliminiasi, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, siap menuntut pihak Yayasan New7Wonders.

“Pengumumannya nanti malam pukul 24.00. Kalau sampai akhirnya dieliminasi, kita siap menuntut melalui  lawyer yang sudah kita tunjuk, yaitu Pak Todung (Todung Mulya Lubis),” kata Menbudpar Jero Wacik dalam jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, hari ini.

Wacik menyayangkan alasan dieliminasi Pulau Komodo hanya karena ketidaksiapan Indonesia menjadi tuan rumah final New7Wonders yang akan digelar pada 11 November 2011. Seharusnya, jika Indonesia menolak tawaran itu, yayasan yang bermarkas di Swiss itu dapat menawarkan ke 27 negara lainnya.

Dikatakan Jero Wacik, dari kabar yang dia dengar, selain Indonesia ada dua negara yang ditawari menjadi tuan rumah pengumuman final New7Wonders, yaitu Abudhabi dan Brazil.

“Setelah kejadian itu, saya belum melakukan komunikasi dengan menteri yang lain (di negara kandidat tuan rumah), apakah hal yang sama ini juga terjadi pada mereka? Yang jelas, kita belum pernah menandatangani kontrak yang menunjukkan bahwa kita akan menjadi tuan rumah. Kita masih pikir-pikir dulu saat itu,” katanya.

Kemenbudpar, lanjutnya, siap memperjuangkan Taman Nasional Komodo sebagai salah satu obyek wisata yang dikenal dunia meski gagal masuk New7Wonders. Di bagian lain, keterangan berbeda datang dari Yayasan New7Wonders. Yayasan ini menuding Kemenbudpar wanprestasi atas aspek legal formal yang harus disiapkan menjelang malam penganugerahan New7Wonder. Respons Kemenbudpar yang lamban dan diskusi yang tidak produktif telah melelahkan Yayasan New7Wonders. Presiden Yayasan New7Wonders Bernard Weber menjamin, asalkan semua permasalahan ini bisa diatasi, pencopotan Pulau Komodo dari nominasi akan dibatalkan. Ia memberi waktu sampai tanggal 7 Februari, yang jatuh  pada hari ini. Pula Komodo pun bisa tetap menjadi finalis menuju puncak penghargaan di mana akan dipilih tujuh keajaiban alam terbaik di planet Bumi.

dtc

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…