Soloraya
Senin, 7 Februari 2011 - 21:39 WIB

22 Sekolah akan diakreditasi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Sebanyak 22 sekolah di Solo akan diakreditasi tahun 2011. Jumlah tersebut terdiri atas enam taman kanak-kanak (TK), 11 SD dan lima SMP. Hal itu disampaikan Staf Unit Pelaksanaan Akreditasi (UPA) Solo, Mardiraharjo, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (7/2).

Ia menguraikan sebenarnya Solo mengajukan proses akreditasi untuk 137 TK, 173 SD dan 47 SMP, pada tahun 2011. Tapi setelah diverifikasi Badan Akreditasi Provinsi (BAP), hanya 22 sekolah yang disetujui. Hal ini kemungkinan besar karena terbatasnya anggaran untuk proses akreditasi.

Advertisement

“Akreditasi sekolah dibiayai oleh anggaran dari provinsi. Karena jumlahnya terbatas, provinsi harus membagi anggaran yang tersedia secara adil ke semua daerah. Sehingga tidak semua disetujui,” ungkapnya.

Padahal, katanya, sekolah yang diajukan untuk dikareditasi itu sudah habis masa akreditasinya pada 2010. Karena belum bisa diakreditasi tahun 2011, bagaimana kualitas sekolah yang bersangkutan, belum bisa diketahui. Mardi mengungkapkan sekolah yang diprioritaskan untuk diakreditasi lebih awal, kemungkinan adalah sekolah yang dulu kualitasnya belum baik. Sehingga dengan proses akreditasi ini diharapkan segera diketahui bagaimana kualitas sekolah itu.

Sementara untuk jenjang SMA/SMK, ujarnya, hingga kini belum ada kejelasan kapan akan dilakukan akreditasi ulang. Jika sebelumnya akreditasi sekolah berlaku empat tahun, ujarnya, mulai 2010 akreditasi sekolah berlaku lima tahun. Kamis (10/2) besok, akan diadakan sosialisasi pengisian instrumen akreditasi sekolah tingkat TK, SD, SMP se-Soloraya, di SMKN 7 Solo.

Advertisement

ewt

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Akreditasi Disdikpora
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif