Minggu, 6 Februari 2011 10:39 WIB Issue Share :

Mengenang Adjie Massaid di layar lebar

Jakarta--Jauh sebelum dikenal orang sebagai politisi yang cukup menonjol di DPR, nama Adjie Massaid pernah menghiasi dunia perfilman pada awal 1990-an, lewat sejumlah film yang bermutu dan akan terus dikenang. Salah satunya, Cinta dalam Sepotong Roti (1990) karya Garin Nugroho.

Dalam film yang memenangkan 5 Piala Citra Festival Film Indonesia 1991, termasuk kategori tertinggi sebagai Film Terbaik itu, Adjie berperan sebagai tokoh bernama Harris. Dia seorang profesional muda yang sukses, yang menikah dengan Mayang, seorang pengasuh sebuah rubrik di majalah wanita.

Pada suatu hari, dengan mengajak serta sahabatnya, Topan (diperankan Tio Pakusadewo), mereka melakukan perjalanan, berlibur sekaligus menyembuhkan luka masa lalu masing-masing. Dalam perjalanan itu terkuak bahwa Harris menderita disfungsi seksual karena trauma. Mayang berusaha membantunya namun gagal. Sementara, Topan ternyata masih menyimpan cinta masa remajanya kepada Mayang.

Lahir di Jakarta, 7 Agustus 1967 dengan nama lengkap Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid, pria yang terjun ke dunia politik sejak 1999 ini mengawali kariernya sebagai model pada 1980-an. Masa kanak-kanaknya dilewatinya di Jakarta sebelum kemudian pindah bersama keluarganya ke Belanda saat memasuki usia 10 tahun.

Kilat lampu kamera yang mengantarkannya menghiasi lembar-lembar halaman majalah, juga gemerlap catwalk, menjadi pintu masuk baginya untuk menjadi bintang dalam dunia hiburan. Sinetron Buku Harian (yang diproduksi sampai tiga seri) adalah salah satu penampilannya di layar kaca yang akan dikenang orang.  Ia juga bermain dalam sinetron terkenal Janji Hati dan Merah Hitam Cinta.

Setahun setelah film Cinta dalam Sepotong Roti yang merupakan debutnya membetot perhatian banyak orang dan menjad angin segar dunia perfilman Indonesia, Adjie kembali ke layar lebar lewat Rini Tomboy. Kali ini, ia berperan sebagai anak SMA yang memberontak terhadap keadaan, dan membentuk geng bersama teman-temannya. Pada tahun yang sama, Adjie juga muncul dalam film berjudul Asmara, bersama Meriam Bellina dan Didi Petet.

Adji menikah dengan penyanyi Reza Artamevia. Namun rumah tangga mereka hanya bertahan 5 tahun (1999- 2005). Mereka bercerai setelah dikarunian dua orang anak, Zahwa dan Aaliya. Belakangan, Adjie menikah lagi dengan rekannya sesama anggota DPR dari fraksi partai yang sama, Demokrat, Angelina Sondakh yang sebelumnya dikenal sebagai Puteri Indonesia.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…