News
Minggu, 6 Februari 2011 - 10:57 WIB

Ikhwanul Muslimin akan bertemu Wapres Mesir

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kairo–Kelompok oposisi Ikhwanul Muslimin akhirnya bersedia untuk berdialog dengan pemerintah Mesir. Organisasi paling solid di Negeri Piramid itu akan ditemui langsung Wapres Mesir Omar Suleiman.

Seperti dilansir AFP, Minggu (6/2), pengurus Ikhwanul Muslimin, mengatakan ini akan menjadi dialog pertama antara kedua pihak. Selama ini, pemerintah Mesir selalu menuduh Ikhwanul Muslimin berada di balik semua protes terhadap kepemimpinan Presiden Hosni Mubarak.

Advertisement

“Dengan tetap memikirkan kepentingan bangsa dan institusinya, serta menyelamatkan kemerdekaan negara, kami akan mulai berdialog untuk melihat poin apa yang akan mereka terima dari tuntutan rakyat,” ujar petinggi Ikhwanul Muslimin yang tidak disebut namanya.

Dialog ini bertujuan untuk mencegah intervensi asing terhadap urusan dalam negeri Mesir. Selain AS yang ingin agar Mesir tetap menjaga kepentingan mereka dan Israel, Iran juga berkepentingan agar Mesir menjadi negara yang menerapkan syariat Islam.

Sementara, Reuters mendapatkan detil dari pertemuan itu yang akan berlangsung pada pukul 11.00 waktu setempat atau pukul 16.00 WIB hari Minggu ini.

Advertisement

Sebelumnya, sejumlah pimpinan pusat Partai Demokratik Nasional Mesir (NDP) mengundurkan diri secara massal, dalam langkah yang tampak sebagai tanggapan terhadap gelombang aksi protes antipemerintah.

“Para anggota komite eksekutif mengundurkan diri dari jabatan mereka. Hossam Badrawi ditunjuk menjadi sekretaris jenderal partai,” kata penyiar televisi.

Siaran TV pemerintah itu juga menyebutkan President Mubarak, sebagai ketua partai, sudah menerima pengunduran diri tersebut.

dtc/tiw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Ikhwanul Muslimin
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif