Soloraya
Minggu, 6 Februari 2011 - 16:06 WIB

Disdikpora Solo targetkan lelang DAK 2010 terlaksana Maret

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo mentargetkan proses lelang proyek dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan tahun 2010, dapat dimulai pada sekitar bulan Maret 2011 mendatang.

Saat ini, dinas itu bersiap menyelesaikan tahap akhir atau finalisasi sekolah penerima DAK tersebut. Demikian penjelasan Kepala Disdikpora Kota Solo, Rakhmat Sutomo. Diakui Rakhmat, pelaksanaan program DAK 2010 terlambat. Program itu baru bisa direalisasi tahun ini lantaran hingga akhir tahun lalu, Disdikpora belum memperoleh petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) tentang pelaksanaan program itu.

Advertisement

“Juklak dan Juknisnya baru turun tahun ini, jadi kami juga bisa melaksanakan karena sudah ada aturan mainnya. Sementara datanya sudah masuk, hanya perlu dikroscek kembali untuk prioritasnya. Untuk finalisasinya, kami berharap bisa selesai dalam waktu dua pekan ke depan,” ungkap Rakhmat ketika ditemui wartawan di Stadion Manahan Solo, akhir pekan lalu.

Rakhmat menyebutkan total nilai DAK Rp 18 miliar yang dibagi dalam beberapa paket. Bila pada tahun-tahun sebelumnya DAK dapat digunakan untuk penambahan ruang kelas atau perbaikan fisik, tahun ini dana itu dialokasikan untuk peningkatan mutu pendidikan. Menurut dia, dana bisa juga digunakan menambah koleksi buku-buku baru yang relevan dengan pendidikan.

“Sekolah yang berhak menerima adalah sekolah yang sebelumnya disurvei dan dinyatakan layak jadi prioritas. DAK ini untuk jenjang SD dan SMP. Sementara nominal anggaran yang diterima masing-masing sekolah berbeda-beda, sesuai kebutuhan sekolah,” ungkapnya.

Advertisement

dtc/tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : DAK
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif