Jumat, 4 Februari 2011 16:25 WIB Pendidikan Share :

Solo miliki SMP Focus Independent School berbasis IT

Solo (Espos) — SMP Focus Independent School, sebuah sekolah menengah pertama berbasis teknologi informasi (IT) dan kurikulum dari Inggris mulai tahun ajaran 2011/2012 ini berdiri di Solo.

Sekolah ini akan menggunakan International Middle Year Curriculum (IMYC) yang sudah digunakan di 65 negara di seluruh dunia.

“FIS Secondary (SMP FIS) adalah sekolah nasional di Indonesia pertama yang menggunakan kurikulum IMYC ini. Namun SMP FIS sekaligus menggabungkan kurikulum IMYC dengan kurikulum tingkat satuan pendidikan atau KTSP (kurikulum nasional) serta sekolah alam (green program),” papar Anastasia Risna, Parents Relation Officer FIS dalam siaran pers yang dikirimkan kepada Espos, Jumat (4/2).

Menurut Anastasia Risna, SMP FIS memiliki program belajar yang berbeda dengan sekolah lain. “Anak-anak akan menggunakan laptop sebagai sarana belajar. Mereka tidak menggunakan buku pelajaran dari kertas, tetapi seluruh text book diganti menjadi e-book. Jadi kalau anak-anak sekolah, cukup membawa laptop mereka. Tidak perlu membawa tas yang berat yang penuh dengan buku-buku pelajaran. Kami menyebutnya IT base learning. Seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan teknologi. Semua tugas, PR, tes, akan dilakukan secara online. Anak-anak akan memiliki akun email khusus untuk mengumpulkan tugas-tugasnya,” papar dia.

Anastasia juga menjelaskan, hal lain yang membuat sekolah ini berbeda adalah kurikulumnya. SMP FIS memiliki 3 macam kurikulum yang diintegrasikan menjadi kurikulum Secondary School. Anak-anak disiapkan untuk menajdi warga internasional, sehingga international mindedness sangat ditekankan di sekolah.

”Misalnya penggunaan bahasa Inggris yang sangat intensif di sekolah, penggunaan kurikulum internasional, dan pelaksanaan Green Program yang sudah menjadi gaya hidup masyarakat internasional,” tambah Anastasia.

Dijelaskan, SMP FIS mulai membuka pendaftaran murid baru tahun ajaran 2011-2012 tanggal 7 Februrari 2011. Sekolah yang berlokasi di Jalan KS Tubun No 27 Manahan Solo akan mengadakan presentasi program pada tanggal 12 Februari 2011 di Best Western Hotel Solo mulai jam 10.00 – 12.00 wib. ”Masyarakat yang berminat dapat menghubungi Anastasia Risna di nomer telepon 725257, 725258,725259 atau mengunjungi website: www.fis.sch.id,” jelasnya.

Mengenai Green Program, Anastasia menjelaskan bahwa kurikulum ini untuk mendidik supaya anak-anak memiliki <I>green life style<I>. Sebagai contoh, pada kegiatan ini anak-anak akan berada di kelas alam di Tawangmangu. Salah satu pembelajaran yang dilakukan adalah anak-anak akan dihadapkan pada kasus-kasus sederhana tentang kerusakan alam.

”Mereka akan mengamati, meneliti, dan mencari solusi supaya kelestarian alam tetap terjaga. Gaya hidup ini sudah diterapkan sejak dini sehingga kelak anak-anak menjadi pribadi yang mencintai lingkungan,” tambah Anastasia.  */mul

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…