Kamis, 3 Februari 2011 15:50 WIB Solo Share :

Taman Reptil Solo ditarget rampung sebelum liburan sekolah

Solo (Espos)–Pembangunan Taman Reptil di Taman Balekambang Solo saat ini memasuki tahap penyelesaian detail engineering design (DED). Pemerintah Kota (Pemkot) setempat menargetkan Taman Reptil tersebut dapat terealisasi sebelum memasuki masa liburan sekolah.

Demikian penjelasan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Balekambang, Endang Srimurniyati saat ditemui wartawan, Kamis (3/2). “Sudah kami awali dengan penyelesaian DED yang kami targetkan selesai pada akhir triwulan pertama tahun 2011 ini. Selanjutnya pembangunan fisik akan segera dimulai sesuai agendanya pada triwulan kedua atau mulai April mendatang,” ujar Endang.

Endang menjelaskan Taman Reptil nantinya akan berdampingan dengan Taman Kodok. Lokasi Taman Reptil di lahan seluas 2.500 m2 di sisi barat Taman Balekambang. Pada tahap pertama, lanjut dia, Pemkot telah menyiapkan anggaran senilai Rp 200 juta untuk pembuatan DED dan pembangunan fisik awal. “Pada tahap kedua akan kami ajukan kembali untuk pembuatan kandang-kandang untuk jenis reptil tertentu. Kalau yang tahap pertama ini baru dibuatkan kandang besar,” paparnya.

Lebih lanjut Endang mengatakan desain Taman Reptil melibatkan para komunitas pecinta reptil. “Kami sebenarnya hanya memfasilitasi tempat. Nantinya hewan-hewan koleksi di Taman Reptil akan diisi oleh pemilik dan pecinta hewan reptil di Kota Solo. Jumlahnya ada ratusan, namun untuk sementara akan ditampilkan secara bergiliran karena kapasitas kandang juga terbatas. Selain itu, supaya pengunjung juga tidak bosan,” imbuh dia.

Dicontohkan Endang, beberapa jenis yang akan ditempatkan di Taman Reptil antara lain iguana merah dari Brazil, phyton albino dan kadal panama. Endang berharap Taman Reptil tersebut dapat diluncurkan pada masa liburan anak sekolah.

sry

lowongan pekerjaan
PT. Monang' Sianipar Abadi ( MSA KARGO ), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…