Kamis, 3 Februari 2011 10:17 WIB Internasional Share :

Model lukisan Mona Lisa diduga seorang pria

Roma--Siapa yang tidak kenal senyum Mona Lisa yang menawan dalam lukisan Leonardo da Vinci. Namun seorang peneliti seni Italia menyampaikan hasil temuan terbarunya. Dia menyimpulkan model lukisan tersebut adalah seorang pria, bukan wanita.

Silvano Vinceti, kepala komite nasional kebudayaan Italia mengatakan kemungkinan model tersebut adalah seorang pria bernama Salai. Pria kelahiran Florence tersebut magang pada Da Vinci, dan kemungkinan juga merupakan kekasih seniman besar Italia itu.

Salai atau Gian Giacomo Caprotti bekerja bersama Da Vinci selama 25 tahun. Salai yang agak kemayu ini menjadi model beberapa karya Da Vinci. “Mereka punya hubungan yang aneh. Dan mungkin juga hubungan sebagai kekasih,” ujar Vinceti seperti ditulis AFP, Kamis (3/2).

Vinceti membandingkan figur Monalisa dengan sejumlah karya Da Vinci lainnya, seperti St John the Baptist dan Angel Incarnate. Hasilnya ada kemiripan di bagian hidung dan mulut.

Selain itu dengan teknologi mutakhir, Vinceti dan timnya meneliti kopian lukisan Mona Lisa. Mereka menemukan ada inisial L dan S dalam mata Mona Lisa. “L untuk Leonardo dan S untuk Salai,” katanya.

Analisa Vinceti tersebut dibantah oleh pihak museum Louvre di Paris, di mana lukisan legendaris itu dipajang. Mereka menilai karena usia, ada beberapa sudut lukisan yang berubah. Sehingga bisa diinterpretasikan macam-macam.

Pihak museum juga menjelaskan mereka telah memeriksa lukisan Mona Lisa dengan seksama, namun tidak ditemukan inisisial atau huruf apa pun. Mereka pun menilai hasil penelitian Vincenti tidak akurat karena hanya mempelajari kopian lukisannya, dan bukan aslinya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…