Kamis, 3 Februari 2011 23:56 WIB Wonogiri Share :

Mantapkan komitmen, PT LP cek lokasi di Wonogiri

Wonogiri (Espos)–Teka-teki seputar jadi atau tidaknya PT Liebra Permana (LP) berinvestasi dengan mendirikan pabrik pakaian dalam di Wonogiri akhirnya terjawab. Rabu (2/2) lalu, dua orang perwakilan dari perusahaan tersebut datang ke Kota Gaplek untuk mengecek lokasi.

Hal itu mengindikasikan keseriusan niat perusahaan asal Bawen, Semarang itu untuk mendirikan pabrik di Wonogiri. Mereka hanya masih mencari lokasi yang sesuai. Informasi yang diperoleh Espos, selain meninjau bakal lokasi pendirian pabrik itu, dua orang perwakilan dari PT LP itu juga sempat mengadakan rapat untuk memantapkan komitmen dengan pihak Pemkab yang antara lain diwakili Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Eko Muslich Martono, dan kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sri Wiyoso.

Dihubungi Espos secara terpisah, Kamis (3/2), Eko Muslich maupun Plt Sekda, Sutanto Djosowijatmo mengatakan berdasarkan pertemuan itu bisa dipastikan PT LP memiliki keinginan kuat untuk berinvestasi dengan mendirikan pabrik di Wonogiri. Namun, mengenai lokasinya, Eko belum bisa memberikan informasi.

“Mengenai lokasinya di mana maupun kapan pabrik itu akan mulai dibangun, saya belum tahu pasti. Detail hasil pertemuan kemarin (Rabu) harus kami konsultasikan dulu dengan Bupati. Yang jelas kami sudah mendapat kepastian dari PT Liebra soal rencana pendirian pabrik itu,” katanya.

Eko mengungkapkan pendirian pabrik PT Liebra membutuhkan lahan sekitar 4-5 hektare dan mencari lahan seluas itu di satu lokasi bukanlah perkara mudah. Pemkab menawarkan satu lokasi namun pihak PT LP juga mempertimbangkan dan mencari lokasi sendiri.

Selain membahas soal lokasi, Eko mengungkapkan pertemuan hari Rabu itu juga membahas soal tenaga kerja yang sudah direkrut. Pemkab mengharapkan agar tenaga kerja angkatan kedua yang direkrut oleh PT LP diberi pelatihan di Wonogiri.

Dengan demikian, hanya tenaga kerja angkatan pertama yang di-training di pabrik PT LP di Bawen. Pelatihan angkatan pertama itu rencananya dimulai 7 Februari 2011. Karena itulah, kata Eko, pihaknya sudah menawarkan kepada perwakilan PT LP untuk melihat fasilitas yang ada di Balai Latihan Kerja (BLK) di Wonogiri.

Sebagaimana diinformasikan, perekrutan tenaga kerja oleh PT LP dengan informasi bahwa perusahaan itu bakal mendirikan pabrik pakaian dalam di Wonogiri  telah memicu booming pendaftaran tenaga kerja yang melamar ke perusahaan itu melalui Disnakertrans. Namun, kekhawatiran muncul lantaran perekrutan itu dilakukan sementara rencana pendirian pabrik itu sendiri saat itu belum pasti. Kini, para tenaga kerja itu bisa sedikit lega karena Pemkab sudah mendapat kepastian soal rencana pendirian pabrik itu.

shs

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…