Kamis, 3 Februari 2011 17:10 WIB News Share :

Barongsai meriahkan Imlek di Purwodadi

Grobogan (Espos)–Arak-arakan enam barongsai dan liong memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek. Rombongan barongsai ini pun berburu angpao di seputar Kota Purwodadi, Kamis (3/2).

Rombongan kesenian barongsai Yogi Metta Dharma (YMD) dari Klenteng Hok An Bio, Purwodadi, ini keliling mulai dari Klenteng Hok An Bio, Purwodadi, Grobogan masuk sejumlah ke pertokoan hingga pasar Induk setempat.

Menurut Bio Kong (penjaga klenteng-red) Hok An Bio, Parjoko  arak-arakan barongsai berangkat dari klenteng ke Alun-alun Purwodadi kemudian ke Jalan R Suprapto. Adapun jumlah personil arak-arakan berjumlah 25 orang, terbagi sembilan orang sebagai pemain Liong, enam orang secara berpasangan menggerakan barongsai, dan tiga orang sebagai penabuh alat music pengiring. Sementara sisanya berperan sebagai cadangan.

Arak-arakan barongsai dan liong ini menarik perhatian warga tidak hanya yang tengah merayakan Imlek namun juga anak-anak yang terus mengikuti rombongan hingga kembali ke klenteng.

rif

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…