Rabu, 2 Februari 2011 10:37 WIB Ekonomi Share :

Mundur dari Pertamina, Karen diisukan jadi Menteri ESDM

Jakarta–Kabar mundurnya Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan sudah terdengar santer di berbagai kalangan. Yang mengejutkan, Karen ternyata tidak ‘dibuang’. Karen akan menjadi orang nomor satu Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Isu yang beredar, Karen akan dilantik menjadi Menteri ESDM menggantikan Darwin Zahedy Saleh, Jumat (4/2). Menurut salah satu sumber , mundurnya Karen dari Dirut Pertamina memang sudah pasti benar. Tapi, mundurnya Karen sepertinya bukan langkah biasa, karena dia akan mendapat posisi yang lebih tinggi.

“Kalau Karen itu (mundur) karena mau jadi Menteri ESDM. Rumornya begitu. Tidak masuk akal kalau seorang Dirut saat usia produktif, dan perusahaannya cukup produktif mengundurkan diri. Itu karena ada tujuannya untuk penugasan yang lebih tinggi,” tutur sumber di DPR tersebut, Rabu (2/1).

Apalagi selama ini menurut sumber tersebut, Karen tidak mempunyai masalah dan kinerjanya dinilai positif. “Tidak ada masalah dengan Karen, kalau beliau mengundurkan diri pasti ada penugasan yang lebih tinggi. Di mata DPR, saya lihat juga tidak ada hal yang aneh di tubuh Pertamina. Saya dengar Jumat ini dilantik,” ungkap dia.

Mengomentari kabar yang mengejutkan ini, Anggota Komisi VII DPR Satya W. Yudha mengatakan, pergantian di tubuh kementerian teknis seperti ESDM jangan sampai menimbulkan ketidakpastian. Karena investor pasti cemas akan kebijakan menteri baru di sektor teknis.

“Pergantian ini sebetulnya hak prerogatif presiden, tapi mesti diingat di energi butuh kepastian. Jangan nanti setelah Karen jadi, malah ada pergantian lagi,” jelas politisi dari Partai Golkar itu.

Sementara ketika ditanya soal kompetensi Karen sebagai menteri ESDM, Satya tak mau mengomentari terlalu jauh. Namun yang lebih ingin dikritisinya adalah jangan sampai pergantian ini memberikan ketidakpastian di sektor investasi.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari Istana mengenai kabar penggantian Darwin Zahedy Saleh oleh Karen Agustiawan. Yang jelas, saat ini rencana pergantian dirut Pertamina dan kabar mundurnya Karen dari dirut Pertamina menjadi perbincangan serius di kalangan pebisnis migas dan politisi.

dtc/tiw

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…