Soloraya
Rabu, 2 Februari 2011 - 01:05 WIB

Longsor jalan di Wuryorejo, DPU upayakan perbaikan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonogiri berjanji mengupayakan perbaikan jalur lintas desa/kelurahan antara Giriwono – Wuryorejo yang longsor di Dukuh Keron Kidul Kelurahan Wuryorejo, pekan lalu, melalui kegiatan pemeliharaan rutin.

Penegasan itu seperti disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPU Kabupaten Wonogiri, Hastoni. Dia mengatakan petugas telah melakukan survei di lokasi guna melihat secara langsung kerusakan jalan. Jalur Giriwono – Wuryorejo dinilai strategis karena menghubungkan beberapa jalan protokol setempat.

Advertisement

“(DPU) sudah meninjau. Kami akan upayakan perbaikannya melalui kegiatan pemeliharaan rutin. Tetapi itu dengan catatan kalau dana atau anggaran biaya yang dibutuhkan untuk rehabnya tidak terlalu besar dengan kisaran Rp 30 juta ke bawah,” ungkapnya kepada Espos di Wonogiri, Selasa (1/2).

Hastoni menyatakan kerusakan jalan seperti di jalur Giriwono – Wuryorejo tidak hanya terjadi di satu tempat di Kabupaten Wonogiri. Bahkan menurutnya jumlahnya cukup banyak dan tersebar di berbagai kecamatan. Untuk yang membutuhkan perbaikan dengan nominal dana kecil, akan dilaksanakan melalui pemeliharaan rutin, namun jika berbiaya besar baru akan diusulkan dalam dalam APBD Perubahan.

Pada bagian lain, meski sudah meninjau lokasi longsor di Keron Kidul, Kabid Bina Marga menyampaikan sejauh ini pihaknya belum mengitung kerugian akibat bencana tersebut. “Baru pada tahap identifikasi, belum dihitung angka kerugian dan anggaran biaya yang diperlukan guna proses perbaikannya,” ujarnya.

Advertisement

Masih menurut Hastoni, perbaikan jalur Giriwono – Wuryorejo akan dilakukan dengan pembangunan talud jalan. Hal itu karena kerusakan jalan di lokasi dipicu longsornya tanah di sisi selatan  jalur dengan kedalaman hingga belasan meter. Disinggung soal waktu perbaikan, jika bisa dilakukan melalui kegiatan pemeliaraan rutin, pekerjaan bisa segera direalisasikan dan hanya menunggu proses pengadaan barang.

Diberitakan sebelumnya, arus lalu lintas di jalur lintas desa/kelurahan yan juga rute Jalan Lingkar Kota (JLK) Wonogiri terganggu akibat adanya longsor di tiga titik berbeda. Longsor terjadi sejak pekan lalu di Dukuh Keron Kidul Kelurahan Wuryorejo. Warga berharap kerusakan jalan segera diperbaiki.

try

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Wuryorejo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif