Rabu, 2 Februari 2011 15:16 WIB Ekonomi Share :

Hatta
Pemerintah tak berencana minta utang ke IMF

Jakarta–Pemerintah menyatakan tak akan meminta utang baru dari lembaga moneter internasional yaitu IMF. Kedatangan IMF menemui Presiden SBY dan beberapa menteri terkait tak membicarakan soal utang.

Hal ini disampaikan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa ketika ditemui di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (2/2). “Indonesia masih anggota IMF. Tapi kita tidak berencana untuk minta utang,” jelas Hatta.

Di tempat yang sama, Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution juga menegaskan hal yang sama. Menurutnya dalam pertemuan IMF yang diwakili Managing Director Dominique Strauss-Kahn dengan Presiden SBY, tak ada pembicara soal utang. “(Pertemuan) tadi itu tidak sama sekali bicara soal rencana mau kasih utang atau minta utang,” ujar Darmin.

Dmoinique juga mengatakan, Indonesia saat ini tak butuh suntikan likuiditas dari IMF. Karena itu sama sekali tidak ada pembicaraan soal utang dalam pertemuannya dengan Presiden SBY.

“Utang? Kalian tidak membutuhan itu. Tapi kita tidak tahu bagaimana di masa depan, anda tak pernah tahu. Dan pinjaman itu bisa saja sangat dibutuhkan,” tukas Dominique.

dtc/tiw

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…