Selasa, 1 Februari 2011 16:03 WIB News Share :

Ditahan KPK, Budiningsih susul tersangka kasus suap DGS BI lainnya

Jakarta–Satu lagi tersangka kasus suap DGS BI ditahan KPK. Budinigsih, Politisi dari PDIP menyusul 19 tersangka lainnya yang sudah lebih dulu ditahan KPK.

“Untuk kepentingan penyidikan, tersangka B ditahan untuk 20 hari ke depan,” ujar juru bicara KPK Johan Budi SP, dalam pesan singkatnya, Selasa (1/2) siang.

Budiningsih yang mengenakan kemeja warna coklat dan jilbab warna hijau tampak tenang ketika dibawa masuk ke mobil tahanan. Budiningsih akan dititipkan di rutan Pondok Bambu.

Seperti pada saat kedatangannya ke KPK, Budiningsih sama sekali tidak mengucapkan satu patah kata pun ketika ditanya wartawan. Dia selalu melihat ke bawah dengan kepala tertunduk untuk menghindari bidikan kamera wartawan.

Kuasa hukum Budiningsih, Sira Prayuna memprotes penangkapan kliennya ini. Menurut Sira, Budiningsih tidak perlu ditahan karena selama ini kooperatif. “Kan selalu kooperatif, seharusnya tidak perlu ditahan,” ujarnya.

Dengan ditahannya Budiningsih, maka KPK telah menahan 20 tersangka terkait kasus suap DGS BI. KPK sendiri memang tengah merampungkan proses penahanan tersangka-tersangka kasus TC pada pekan ini. Tinggal empat tersangka lagi yang belum ditahan akan segera disusulkan ke rumah tahanan.

Sebelumnya, 19 politisi ditahan KPK pada Jumat (28/1) terkait kasus dugaan suap pemilihan DGS BI 2004 lalu yang dimenangkan Miranda Goeltom. Mereka ditahan di sejumlah tempat antara lain Rutan Cipinang, Rutan Salemba, dan Polda Metro Jaya.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…