News
Minggu, 30 Januari 2011 - 11:03 WIB

ICW: Awas serangan balik poolitisi ke KPK

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta — Penahanan 19 politisi karena diduga menerima suap terkait kasus dugaan suap pemilihan DGS BI Miranda S Goeltom pada 2004 lalu, dinilai akan memberikan efek. Bahkan KPK diingatkan akan adanya gelombang serangan balik terhadap institusi pemberantas korupsi itu.

“Waspadai aksi serangan balik politisi busuk ke KPK,” kata Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho di Jakarta, Minggu (31/1).

Advertisement

Emerson sudah mempetakan strategi yang akan dilakukan sejumlah politisi. Tujuan akhirnya yakni mencoreng kredibilitas KPK.

“Mereka akan mengutak-atik deponeering Bibit-Chandra, sehingga akan lemahkan legitimasi KPK,” terangnya.

Lebih lanjut, Emerson menjelaskan, para politisi Senayan juga akan melakukan langkah memangkas anggaran KPK, hingga lembaga itu memiliki sumber dana yang terbatas.

Advertisement

“Juga dalam kewenangan regulasi, KPK nanti hanya akan memiliki kewenangan pencegahan dan penyelidikan saja. Pada 2011 ini RUU Tipikor masuk dalam prolegnas,” jelasnya.

Dia juga mewanti-wanti, akan dimunculkan wacana kalau KPK melakukan tebang pilih dalam pemberantasan korupsi. “Wacana itu akan dibangun ke publik, dan KPK dicap sebagai lembaga yang tebang pilih, dan tidak independen,” tutupnya. detikcom

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Penahanan 19 Politisi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif